PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN TERAMPIL MENULIS TEKS CERITA PENDEK BERMUATAN NILAI HUMANISTIK UNTUK SISWA KELAS XI
Sera Dwi Anas , 2101415059 (2019) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN TERAMPIL MENULIS TEKS CERITA PENDEK BERMUATAN NILAI HUMANISTIK UNTUK SISWA KELAS XI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN TERAMPIL MENULIS TEKS CERITA PENDEK BERMUATAN NILAI HUMANISTIK UNTUK SISWA KELAS XI)
- Published Version
Download (572kB) | Preview |
Abstract
Keterampilan menulis teks cerita pendek siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia masih belum maksimal. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu 1) Masih terbatasnya buku pendamping yang dijadikan sebagai rujukan untuk meningkatkan keterampilan siswa, 2) materi mengenai teks cerita pendek yang tersedia kurang memenuhi kebutuhan siswa karena hanya sebatas teori, 3) buku pembelajaran yang ada masih kurang fokus membahas mengenai teknik penulisan teks cerita pendek. Berdasarkan permasalahan tersebut, dibutuhkan buku pengayaan menulis teks cerita pendek sebagai pendamping siswa untuk belajar sehingga membantu siswa untuk mengembangkan keterampilannya. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini meliputi 1) bagaimana kebutuhan siswa dan guru terhadap buku pengayaan terampil menulis teks cerita pendek bermuatan nilai humanistik, 2) bagaimana prototipe buku pengayaan terampil menulis teks cerita pendek bermuatan nilai humanistik, 3) bagaimana penilaian ahli terhadap prototipe buku pengayaan terampil menulis teks cerita pendek bermuatan nilai humanistik, 4) bagaimana perbaikan prototipe buku pengayaan terampil menulis teks cerita pendek bermuatan nilai humanistik. Berkaitan dengan permasalahan-permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk 1) memaparkan kebutuhan siswa dan guru terhadap buku pengayaan terampil menulis teks cerita pendek bermuatan nilai humanistik, 2) memaparkan prototipe buku pengayaan terampil menulis teks cerita pendek bermuatan nilai humanistik, 3) memaparkan penilaian ahli terhadap prototipe buku pengayaanvii terampil menulis teks cerita pendek bermuatan nilai humanistik, 4) memaparkan perbaikan prototipe buku pengayaan terampil menulis teks cerita pendek bermuatan nilai humanistik. Penelitian ini menggunakan metode Reserch and Development (R&D) dengan langkah-langkah yang telah direduksi menjadi lima tahap, yaitu 1) potensi masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, dan 5) revisi desain. Dari penelitian yang telah dilakukan data yang diperoleh berupa data kebutuhan siswa dan guru serta data angket uji validasi buku pengayaan terampil menulis teks cerita pendek. Adapun sumber data kebutuhan untuk mengembangkan buku pengayaan menulis teks cerita pendek bermuatan nilai humanistik ini terdiri atas 60 siswa dan 3 guru dari tiga sekolah yang berbeda, yaitu SMA Negeri 1 Kendal, SMA Negeri 1 Weleri, dan SMA Negeri 1 Kaliwungu. Sedangkan sumber data validasi adalah dosen ahli di bidang sastra dan dosen ahli di bidang buku pengayaan. Hasil dari penelitian ini adalah 1) data hasil analisis kebutuhan siswa dan guru terhadap buku pengayaan terampil menulis teks cerita pendek bermuatan nilai humanistik, 2) prototipe buku pengayaan terampil menulis teks cerita pendek bermuatan nilai humanistik, 3) penilaian ahli terhadap prototipe buku pengayaan terampil menulis teks cerita pendek bermuatan nilai humanistik, 4) perbaikan prototipe buku pengayaan terampil menulis teks cerita pendek bermuatan nilai humanistik berdasarkan saran ahli.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | buku pengayaan, menulis teks cerita pendek, nilai humanistik. |
Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian Literature |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 03 Apr 2020 17:53 |
Last Modified: | 03 Apr 2020 17:53 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35542 |
Actions (login required)
View Item |