RANCANG BANGUN DAN UJI PERFORMA ATMOSPHERIC WATER MAKER BERBASIS EXTERNAL PIPE CONDENSATION SYSTEM


Ade Fadilla , 5212415007 (2019) RANCANG BANGUN DAN UJI PERFORMA ATMOSPHERIC WATER MAKER BERBASIS EXTERNAL PIPE CONDENSATION SYSTEM. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of RANCANG BANGUN DAN UJI PERFORMA ATMOSPHERIC WATER MAKER BERBASIS EXTERNAL PIPE CONDENSATION SYSTEM]
Preview
PDF (RANCANG BANGUN DAN UJI PERFORMA ATMOSPHERIC WATER MAKER BERBASIS EXTERNAL PIPE CONDENSATION SYSTEM) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Air sebagai salah satu aspek terpenting bagi manusia belakangan ini mengalami pengurangan kuantitasnya. Kuantitas air yang semakin berkurang di bumi ini terjadi akibat adanya kekeringan di beberapa tempat. Kekeringan menyebabkan adanya sumber alternatif lain untuk mendapatkan air minum dan juga dapat dijamin kualitas airnya yaitu dengan memanfaatkan kandungan air di atmosfir. Atmospheric Water Maker (AWM) merupakan alat penghasil air dari kelembapan yang ada di atmosfir dengan memanfaatkan proses kondensasi. Selanjutnya perancangan dan pengujian performa AWM perlu dilakukan. Penelitian ini terdiri dari perancangan dan uji performa AWM berbasis external pipe condensation system. Perancangan dilakukan dengan menggunakan model Pahl dan Beitz. Sementara itu, penelitian dilakukan menggunakan model eksperimental dengan metode factorial design. Penelitian eksperimental dilakukan dengan menguji performa AWM. Pengujian performa terdiri dari pengaruh waktu dan debit aliran udara terhadap kapasitas air hasil produksi dan efisiensi penggunaan daya serta pengaruh ESP dan RO terhadap kapasitas dan kualitas air hasil produksi AWM. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kapasitas air hasil produksi dan efisiensi penggunaan daya seiring dengan meningkatnya RH pada pembagian waktu dan debit aliran udara. Penggunaan ESP berpengaruh terhadap hasil produksi dengan menghambat aliran udara yang masuk ke dalam sistem tetapi yang lebih mempengaruhi kapasitas produksi adalah RH. Penggunaan RO menghambat hasil produksi dikarenakan adanya hasil buangan penyaringan. Penggunaan ESP dan RO berpengaruh terhadap penurunan kandungan senyawa yang terkandung dalam air dan hasil uji kualitas air menunjukkan bahwa air hasil produksi AWM layak untuk dikonsumsi berdasarkan pada standar yang berlaku.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Atmospheric Water Maker (AWM), kapasitas produksi, efisiensi daya, kualitas air.
Subjects: L Education > Special Education > Mechanical engineering and machinery education
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 02 Apr 2020 19:29
Last Modified: 02 Apr 2020 19:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35524

Actions (login required)

View Item View Item