PERANCANGAN DAN VALIDASI VERTICAL FIRE TUBE BOILER UNTUK INDUSTRI TAHU MENGGUNAKAN SOFTWARE SOLIDWORKS


Prabowo Hari Waskitho , 5212414041 (2019) PERANCANGAN DAN VALIDASI VERTICAL FIRE TUBE BOILER UNTUK INDUSTRI TAHU MENGGUNAKAN SOFTWARE SOLIDWORKS. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PERANCANGAN DAN VALIDASI VERTICAL FIRE TUBE BOILER UNTUK INDUSTRI TAHU MENGGUNAKAN SOFTWARE SOLIDWORKS]
Preview
PDF (PERANCANGAN DAN VALIDASI VERTICAL FIRE TUBE BOILER UNTUK INDUSTRI TAHU MENGGUNAKAN SOFTWARE SOLIDWORKS) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses perebusan pada industri tahu kecil masih banyak dijumpai menggunakan cara konvensional yang memiliki beberapa kekurangan diantaranya dapat merusak kualitas tahu, asap hasil pembakaran bisa mengenai bubur tahu hingga membuat rasa tahu menjadi sangit. Waktu yang dibutuhkan untuk perebusan juga terbilang lama. Boiler bisa menjadi alternatif untuk mengatasi kekurangan pemasakan dengan cara konvensional, akan tetapi banyak industri tahu yang membuat boiler tanpa memperhatikan rancangan mekanik. Boiler dibuat dari drum bekas tanpa spesifikasi teknis, sehingga dapat membahayakan keselamatan pekerja. Penelitian ini bertujuan untuk membuat rancangan boiler sesuai dengan kebutuhan industri tahu yang memiliki tingkat keamanan baik. Diharapkan dengan terciptanya rancangan boiler ini dapat menjamin keselamatan pekerja dan mampu meningkatkan kualitas serta kuantitas produksi pada industri kecil tahu terkait. Rancangan boiler dibuat melalui beberapa tahapan : 1) Perhitungan kebutuhan industri tahu, 2) Perhitungan perpindahan panas dan konstruksi boiler berdasarkan standart ASME, 3) Penggunaan software SOLIDWORKS untuk mendesain dan menganalisis keamanan dari boiler. Penelitian yang dilakukan telah menghasilkan rancangan vertical fire tube boiler dengan spesifikasi tekanan uap operasi 1,5 bar dan tekanan perancangan 6 bar. Dimensi dari boiler: 1) Badan boiler dengan diameter 1.220 mm, tinggi 1.476 mm dan tebal 5 mm, 2) Pipa api memiliki diameter luar 60, tinggi 1.500 mm, tebal 2 mm dengan jumlah 12 pipa, 3) diameter furnace 1230 mm, tinggi 600 mm, tebal 25 mm, 4) tebal tube sheet 12 mm, 5) Ketinggian head 307,5 mm, diameter 1.230, tebal 5 mm. Boiler dirancang menggunakan material stainless steel type 304 dan bahan bakar kayu. Hasil analisis statis menunjukkan bahwa boiler memiliki angka keamanan 1,299. Berdasarkan perbandingan yang dihitung manual, performa boiler lebih baik dibandingkan dengan cara konvensional terbukti dengan waktu pemanasan yang lebih cepat 28,01 % dan bahan bakar yang digunakan lebih hemat 42,2 %.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: tahu, boiler, ASME, SOLIDWORKS
Subjects: L Education > Special Education > Mechanical engineering and machinery education
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 02 Apr 2020 19:15
Last Modified: 02 Apr 2020 19:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35522

Actions (login required)

View Item View Item