“KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ULASAN DENGAN MODEL BRAIN WRITING DAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERBANTUAN MEDIA FILM PENDEK BERMUATAN CINTA TANAH AIR PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII”


Nurul Hidayati , 2101415020 (2019) “KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ULASAN DENGAN MODEL BRAIN WRITING DAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERBANTUAN MEDIA FILM PENDEK BERMUATAN CINTA TANAH AIR PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of “KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ULASAN DENGAN MODEL BRAIN WRITING DAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERBANTUAN MEDIA FILM PENDEK BERMUATAN CINTA TANAH AIR PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII”]
Preview
PDF (“KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ULASAN DENGAN MODEL BRAIN WRITING DAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERBANTUAN MEDIA FILM PENDEK BERMUATAN CINTA TANAH AIR PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII”) - Published Version
Download (912kB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis teks ulasan merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang menuntut peserta didik untuk berpikir kritis, peserta didik harus memahami karya yang sedang diulas, dengan memberikan ulasan serta kritikan yang membangun. Dalam kegiatan belajar di kelas, model pembelajaran yang digunakan belum mampu membuat peserta didik dapat menulis teks ulasan dengan baik dan benar. Masih ada peserta didik yang merasa kesulitan untuk menemukan ide dan menuangkannya ke dalam sebuah tulisan. Dalam hal ini, peran guru sangatlah penting. Guru harus mampu membuat suasana belajar yang menyenangkan dan tidak membosankan, karena fakta di lapangan model pembelajaran yang diterapkan oleh guru membuat peserta didik pasif dan cenderung membosankan pada saat pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu, peneliti memberikan solusi berupa penerapan model pembelajaran inovatif dalam kegiatan belajar mengajar di dalam kelas yang mampu membuat peserta didik aktif dan tidak bosan dalam belajar. Adapun model pembelajaran yang digunakan adalah model Brain Writing dan model Team Assisted Individualization (TAI), maka penelitian ini menerapkan model keduanya pada pembelajaran menulis teks ulasan pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 14 Semarang. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana keefektifan hasil pembelajaran menulis teks ulasan dengan model Brain Writing menggunakan media film pendek bermuatan cinta tanah air pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 14 Semarang? 2) Bagaimana keefektifan hasil pembelajaran menulis teks ulasan dengan model Team Assisted Individualization (TAI) menggunakan media film pendek bermuatan cinta tanah air pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 14 Semarang? 3) Manakah yang lebih efektif antara model Brain Writing ataukah model Team Assisted Individualization (TAI) dalam pembelajaran menulis teks ulasan menggunakan media film pendek bermuatan cinta tanah air pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 14 Semarang? Berkaitan dengan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan keefektifan hasil pembelajaran menulis teks ulasan dengan model Brain Writing menggunakan media film pendek bermuatan cinta tanah air pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 14 Semarang, (2) mendeskripsikan keefektifan hasil pembelajaran menulis teks ulasan dengan model Team Assisted Individualization (TAI) menggunakan media film pendek bermuatan cinta tanah air pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 14 Semarang, dan (3) mengetahui model manakah ix yang lebih efektif antara model Brain Writing dan model Team Assisted Individualization (TAI) dalam pembelajaran menulis teks ulasan pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 14 Semarang. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 14 Semarang menggunakan metode eksperimen, dengan desain penelitian nonequivalent control group desaign. Skenario yang dijalankan yaitu kelas VIII A menjadi kelas ekperimen 1 dan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen 2. Kelas VIII A diberi perlakuan dengan model Brain Writing dan kelas VIII C diberi perlakuan dengan mdoel Team Assisted Individualization. Pembelajaran dilakukan terhadap dua kelompok dengan pemberian tes awal (pretest), perlakuan (treatment) dan tes akhir (posttest). Pengambilan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Instrumen tes berupa menulis teks ulasan berdasarkan film pendek yang sudah ditentukan, dan instrumen nontes berupa lembar observasi dan pedoman dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pembelajaran menulis teks ulasan dengan model Brain Writing menggunakan media film pendek bermuatan cinta tanah air pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 14 Semarang efektif, 2) pembelajaran menulis teks ulasan dengan model Team Assisted Individualization (TAI) menggunakan media film pendek bermuatan cinta tanah air pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 14 Semarang efektif, dan 3) pembelajaran menulis teks ulasan dengan model Brain Writing menggunakan media film pendek bermuatan cinta tanah air pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 14 Semaranglebih efektif dibandingan menggunakan model Team Assisted Individualization (TAI) menggunakan media film pendek bermuatan cinta tanah air pada peserta didik kelas VIII. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil tes akhir (posttest) peserta didik kelas eksperimen 1 sebesar 84,44 dan kelas eksperimen 2 sebesar 78,55, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Brain Writing lebih efektif digunakan dalam keterampilan menulis teks ulasan dengan media film pendek bermuatan cinta tanah air karena nilai rata-rataya lebih unggul 5,89 dibandingkan kelas yang mendapat perlakuan dengan model Team Assisted Individualization (TAI).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Teks Ulasan, Model Brain Writing, Model Team Assisted Individualization (TAI), Menulis
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 01 Apr 2020 18:08
Last Modified: 01 Apr 2020 18:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35520

Actions (login required)

View Item View Item