KUALITAS DAN REKONSTRUKSI BANK SOAL PREDIKSI UJIAN NASIONAL BAHASA INDONESIA TINGKAT SMP


Inti Hidayah , 2101415017 (2019) KUALITAS DAN REKONSTRUKSI BANK SOAL PREDIKSI UJIAN NASIONAL BAHASA INDONESIA TINGKAT SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KUALITAS DAN REKONSTRUKSI BANK SOAL PREDIKSI UJIAN NASIONAL BAHASA INDONESIA TINGKAT SMP]
Preview
PDF (KUALITAS DAN REKONSTRUKSI BANK SOAL PREDIKSI UJIAN NASIONAL BAHASA INDONESIA TINGKAT SMP) - Published Version
Download (754kB) | Preview

Abstract

Evaluasi merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam meningkatkan kualitas, kinerja, atau produktivitas suatu lembaga dalam melaksanakan programnya. Melalui sebuah evaluasi akan diperoleh informasi tentang apa yang telah dicapai dan mana yang belum, yang selanjutnya informasi tersebut akan digunakan sebagai perbaikan suatu program. Oleh karena itu, alat evaluasi harus sesuai dan berkualitas. Tujuan pokok penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas soal prediksi Ujian Nasional dan menyiapkan soal prediksi ujian nasional yang berkualitas dan layak untuk diujikan guna menyiapkan peserta didik menghadapi Ujian Nasional. Penelitian ini berlangsung di SMP Muhammadiyah 1 Semarang sebagai objek penelitian. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IX. Data diperoleh naskah-naskah soal yang sudah ada dan hasil ujicoba paket soal di SMP Muhammadiyah 1 Semarang. Instrument utama penelitian ini adalah pedoman telaah butir soal secara kualitatif, dan paket soal dari naskah-naskah soal yang sudah ada dan sesuai dengan kisi-kisi UN 2019. Data yang terkumpul dari instrument tersebut dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif yang kemudian dikembangkan menjadi bank soal prediksi ujian nasional. Hasil akhir dari penelitian ini ialah kualitas butir soal dari hasil analisis kualitatif yang diketahui bahwa dari 100 butir soal masih terdapat ketidaksesuaian dengan aspek penyusunan soal. Ketidaksesuaian itu terdapat pada aspek rumusan soal jelas, tidak ada petunjuk pada jawaban benar, jawaban bersifat pararel, gambar/grafik dapat dibaca jelas, menggunakan bahasa baku, dan menggunakan bahasa komunikatif. Sedangkan secara kuantitatif dari 50 soal paket A merupakan paket soal yang reliabel dengan 17 butir soal valid, 33 tidak valid, 7 soal mudah, 33 soal sedang, dan 10 soal sukar dengan daya beda 18 soal diterima baik, 5 diterima dengan perbaikan, 10 diperbaiki, dan 17 tidak diterima . Kemudian, berdasarkan hasil analisis kuantitatif soal paket B juga merupakan paket soal yang reliabel dengan 11 butir soal valid, 39 tidak valid,.4 soal mudah, 32 soal sedang, dan 14 soal sukar dengan daya beda 13 soal diterima baik, 10 diterima dengan perbaikan, 6 diperbaiki,dan 21 tidak diterima. Oleh karena itu, masih perlu adanya peningkatan kualitas soal ujian, terutama soal prediksi ujian nasional untuk menyiapkan peseta didik dalam menghadapi ujian nasional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: evaluasi pembelajaran, analisis kualitatif, analisis kuantitatif, bank soal
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 01 Apr 2020 17:58
Last Modified: 01 Apr 2020 17:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35517

Actions (login required)

View Item View Item