PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR BERMUATAN LIVING VALUES EDUCATION UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII SMP


Dina Yunitasari , 2101415010 (2019) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR BERMUATAN LIVING VALUES EDUCATION UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR BERMUATAN LIVING VALUES EDUCATION UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII SMP]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR BERMUATAN LIVING VALUES EDUCATION UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII SMP) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Bahan ajar adalah salah satu komponen penting yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Dilihat dari segi kualitas maupun kuantitas, kehadiran bahan ajar sangat berpengaruh pada hasil belajar yang diperoleh peserta didik. Melihat kondisi di lapangan, sejauh ini masih ditemukan keterbatasan bahan ajar yang digunakan oleh pendidik dalam kegiatan pembelajaran. Selain masalah tersebut, pembelajaran menulis pada umumnya masih menyisakan kendala baik dari pendidikan dasar maupun menengah. Padahal, menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai peserta didik. Dengan menyediakan bahan ajar yang berisi langkah-langkah menulis secara runtut dan sistematis dapat membantu peserta didik terampil menulis. Masalah selanjutnya berkaitan dengan upaya penanaman nilai karakter yang belum dilakukan secara optimal. Salah satu upaya pembentukan karakter dilakukan melalui jalur pendidikan, khususnya pada penggunaan baham ajar. Bahan ajar yang dimaksud berupa buku ajar atau bahan ajar mandiri dengan mengintegrasikan pendidikan karakter yang diwujudkan melalui pendidikan nilai-nilai kehidupan. Sampai sejauh ini, belum banyak ditemui buku-buku pembelajaran maupun bahan ajar mandiri yang mengintegrasikan nilai-nilai kehidupan. Berdasarkan masalah tersebut, perlu adanya upaya revitalisasi nilai-nilai karakter dengan menghidupkan kembali nilai-nilai kehidupan untuk mewujudkan generasi muda yang berkarakter dan berakhlak mulia. Oleh sebab itu, dikembangkan salah satu bahan ajar berupa modul pembelajaran sebagai pendamping dan pelengkap buku teks pelajaran. Modul pembelajaran sebagai bahan ajar mandiri pendamping buku teks hendaknya berisi bahan dan materi yang dapat melatih keterampilan menulis peserta didik serta memperkuat karakter bangsa Indonesia. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan modul pembelajaran menulis teks prosedur bermuatan living values education. Tujuan penelitian ini, meliputi 1) mendeskripsi kebutuhan modul pembelajaran menulis teks prosedur bermuatan living values education untuk peserta didik kelas VII SMP; 2) mengembangkan modul pembelajaran menulis teks prosedur bermuatan living values education untuk peserta didik kelas VII SMP; 3) mendeskripsi uji validasi terhadap prototype modul pembelajaran yang diperlukan dalam pembelajaran menulis teks prosedur bemuatanl living value education untuk peserta didik kelas VII SMP; 4) mendeskripsi hasil revisi uji validasi modul pembelajaran yang diperlukan dalam pembelajaran menulis teks prosedur bermuatan living value education untuk peserta didik kelas VII SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) yang dilakukan melalui lima tahapan, yaitu: 1) potensi dan masalah; 2) mengumpulkan informasi; 3) desain produk; 4) validasi desain, 5) revisi dan ix perbaikan desain. Penelitian ini menggunakan dua teknik pengumpulan data, yaitu angket terbuka dan wawancara untuk memperoleh data kebutuhan modul pembelajaran dan penilaian hasil prototype modul pembelajaran. Adapun sumber data terdiri atas peserta didik, guru, dan dosen ahli. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif yang terdiri atas pemaparan data dan simpulan data. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, hasil analisis data kebutuhan modul pembelajaran menulis teks prosedur bermuatan living values education menghasilkan karakteristik modul pembelajaran yang terdiri atas lima aspek: (1) aspek kebutuhan modul pembelajaran, (2) aspek isi modul dan materi teks prosedur, (3) aspek bahasa dan keterbacaan, (4) aspek kegrafikaan, dan (5) aspek muatan living values education. Kedua, modul pembelajaran dikembangkan berdasarkan karakteristik kebutuhan dan prinsip-prinsip pengembangan. Aspek materi dikembangkan berdasarkan prinsip keterkaitan, kesesuaian, dan kebaruan. Aspek penyajian materi dikembangkan berdasarkan prinsip kemenarikan, keruntutan, dan kebaruan. Aspek bahasa dan keterbacaan dikembangkan berdasarkan prinsip kemudahan, kesesuaian, kekomunikatifan, dan kebakuan. Aspek grafika dikembangkan berdasarkan prinsip kesesuaian, kemenarikan, dan kekonsistenan. Modul pembelajaran dikembangkan pada beberapa bagian meliputi (1) bagian awal modul yang terdiri atas halaman judul, hajk cipta, prakata, tinjauan mata pelajaran, peta kompetensi, pendahuluan (kompetensi dasar dan indikator pencapai kompetensi, deskripsi modul, dan petunjuk penggunaan modul); (2) bagian isi modul yang terdiri atas tiga kegiatan belajar, yaitu kegiatan belajar 1 berjudul Mengidentifikasi dan Menyimpulkan Isi Teks Prosedur, kegiatan belajar 2 berjudul Menganalisis Struktur dan Aspek Kebahasaan Teks Prosedur, dan kegiatan belajar 3 berjudul Ayo Menulis Teks Prosedur; serta (3) bagian akhir yang terdiri atas evaluasi (uji kompetensi, uji pengayaan, dan uji remidial), kunci jawaban, glosarium, daftar pustaka, dan biodata penulis. Ketiga, hasil penilaian ahli terhadap prototype modul pembelajaran menghasilkan nilai rata-rata 72,5 pada bagian awal modul, bagian isi modul mendapatkan nilai rata-rata 76,1, dan pada bagian akhir mendapatkan nilai rata-rata 77,08. Keempat, hasil perbaikan uji validasi ahli dilakukan pada bagian materi/isi, penyajian materi, bahasa, dan kegrafikaan sesuai dengan saran dan masukan dari dosen ahli. Adapun saran yang dapat direkomendasikan yaitu (1) modul pembelajaran menulis teks prosedur bermuatan living values education untuk peserta didik SMP hendaknya dapat digunakan oleh peserta didik dan guru sebagai bahan ajar mandiri untuk pendamping buku teks pelajaran dalam pembelajaran teks prosedur dan sebagai upaya menghidupkan nilai-nilai kehidupan agar menginternalisasi ke dalam karakter peserta didik; (2) modul pembelajaran menulis teks prosedur bermuatan living values education hendaknya dapat digunakan oleh guru sebagai upaya penanaman dan pembentukan karakter kepada peserta didik; dan (3) perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk menguji keefektifan modul pembelajaran menulis teks prosedur bermuatan living values education untuk peserta didik SMP sehingga dapat digunakan secara maksimal dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: modul pembelajaran, teks prosedur, living values education.
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 01 Apr 2020 16:11
Last Modified: 01 Apr 2020 16:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35509

Actions (login required)

View Item View Item