PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYAJIKAN DATA DAN INFORMASI TEKS BERITA SECARA LISAN MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN MEDIA CELEMEK PUZZLEPADA PESERTA DIDIK KELAS VIII E SMP N 2 SECANG


Fatimatul Azizah , 2101415005 (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYAJIKAN DATA DAN INFORMASI TEKS BERITA SECARA LISAN MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN MEDIA CELEMEK PUZZLEPADA PESERTA DIDIK KELAS VIII E SMP N 2 SECANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYAJIKAN DATA DAN INFORMASI TEKS BERITA SECARA LISAN MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN MEDIA CELEMEK PUZZLEPADA PESERTA DIDIK KELAS VIII E SMP N 2 SECANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYAJIKAN DATA DAN INFORMASI TEKS BERITA SECARA LISAN MELALUI MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN MEDIA CELEMEK PUZZLEPADA PESERTA DIDIK KELAS VIII E SMP N 2 SECANG) - Published Version
Download (900kB) | Preview

Abstract

Berbicara merupakan keterampilan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari untuk mengungkapkan, menyampaikan, mengutarakan gagasan atau informasi. Oleh karena itu, keterampilan berbicara menjadi keterampilan yang harus dikuasai dengan baik oleh seseorang. Upaya meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik khususnya pada teks berita secara lisan, perlu dilatih sebaik-baiknya melalui peningkatan peran guru dalam memilih model dan media pembelajaran yang inovatif dan kreatif agar peserta didik termotivasi dalam pembelajaran berbicara. Berdasarkan hal tersebut, rumusan masalah penelitian ini, yaitu 1) bagaimana proses pembelajaran menyajikan data dan informasi teks berita secara lisan melalui model Think Pair Share (TPS) dengan media celemek puzzle pada peserta didik kelas VIII E SMP N 2 Secang; 2) bagaimana peningkatan yang terjadi setelah menyajikan data dan informasi teks berita secara lisan melalui model Think Pair Share (TPS) dengan media celemek puzzlepada peserta didik kelas VIII E SMP N 2 Secang; 3) bagaimana perubahan sikap peserta didik setelah menyajikan data dan informasi teks berita secara lisan melalui model Think Pair Share (TPS) dengan media celemek puzzlekelas VIII E SMP N 2 Secang. Tujuan penelitian ini, yaitu 1) mendeskripsikan proses pembelajaran menyajikan data dan informasi teks berita secara lisan melalui model Think Pair Share (TPS) dengan media celemek puzzle pada peserta didik kelas VIII E SMP N 2 Secang; 2) Mendeskripsikan peningkatan yang terjadi setelah menyajikan data dan informasi teks berita secara lisan melalui model Think Pair Share (TPS) dengan media celemek puzzle pada peserta didik kelas VIII E SMP N 2 Secang; 3) Mendeskripsikan perubahan perilaku peserta didik setelah menyajikan data dan informasi teks berita secara lisan melalui model Think Pair Share (TPS) dengan media celemek puzzle kelas VIII E SMP N 2 Secang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan model pembelajaran think pair share dan media celemek puzzlesebagai upaya meningkatan keterampilan menyajikan data dan informasi teks berita secara lisan pada peserta didik kelas VIII E SMP N 2 Secang. Variabel penelitian ini yaitu variabel keterampilan menyajikan data dan informasi teks berita secara lisan dan variabel pelaksanaan pembelajaran keterampilan menyajikan data dan informasi teks berita secara lisan melalui model think pair share dengan media celemek puzzle. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dannontes. Instrumen tes berupa tes pengetahuan dan keterampilan, sedangkan instrumen ix nontes berupa observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil tes keterampilan menyajikan data dan informasi teks berita secara lisan prasiklus diperoleh rata-rata skor 58,29 pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 73,58, hasil tersebut masih dalam kategori baik dan belum maksimal. Walaupun sudah lulus KKM namun hasil tersebut belum maksimal dan bisa ditingkatkan lagi. Sebagian besar peserta didik belum memenuhi KKM, dengan jumlah keseluruhan 18 peserta didik tidak lolos KKM dari jumlah keseluruhan 27 peserta didik. Peningkatan terjadi pada siklus II dengan rata-rata nilai 82,78 masuk dalam kategori baik dan semua peserta didik sudah mencapai KKM. Kenaikan yang terjadi sebesar 9,2 dari siklus I ke siklus II.Hasil tes pengetahuan menyajikan data dan informasi teks berita juga mengalami peningkatan, pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 67,48, hasil tersebut masih dalam kategori cukup dan belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM yang ditentukan oleh sekolah untuk mata pelajaran bahasa indonesia 70 sedangkan rata-rata nilai tes pengetahuan siklus I 67,48 masih di bawah KKM. Peningkatan terjadi pada siklus II dengan rata-rata nilai 77,48 masuk dalam kategori baik dan tuntas KKM. Kenaikan yang terjadi sebesar 9,96. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran think pair share dan media celemek puzzle dapat meningkatkan keterampilan menyajikan data dan informasi teks berita secara lisan pada peserta didik kelas VIII E SMP N 2 Secang Kabupaten Magelang. Peserta didik juga termotivasi dan menunjukkan perkembangan positif dalam pembelajaran. Dengan demikian, peneliti merekomendasikan pada guru bahasa Indonesia untuk mempertimbangkan penggunaan model pembelajaran think pairshare dengan media celemek puzzledalam pembelajaran menyajikan data dan informasi teks berita secara lisan agar pembelajaran yang dilakukan menjadi lebih optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: teks berita, think pair share, celemek puzzle
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 01 Apr 2020 15:55
Last Modified: 01 Apr 2020 15:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35508

Actions (login required)

View Item View Item