KELAYAKAN BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KELAS XI SMA/MA/SMK/MAK EDISI REVISI 2017: ANALISIS ISI, BAHASA, DAN PENYAJIAN
Indah Sari , 2101415003 (2019) KELAYAKAN BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KELAS XI SMA/MA/SMK/MAK EDISI REVISI 2017: ANALISIS ISI, BAHASA, DAN PENYAJIAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (KELAYAKAN BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KELAS XI SMA/MA/SMK/MAK EDISI REVISI 2017: ANALISIS ISI, BAHASA, DAN PENYAJIAN)
- Published Version
Download (7MB) | Preview |
Abstract
Buku teks merupakan elemen/unsur yang umum digunakan dalam pembelajaran (Abdi dan Mohammadi 2014:1149). Buku teks dapat dipakai sebagai sarana belajar dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. (Agustina dalam Firdaus, dkk. 2014:3). Buku teks berfungsi sebagai pegangan pokok dalam kegiatan pembelajaran. Sebagai sumber belajar pokok, buku teks memiliki kedudukan yang penting dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, buku teks yang digunakan harus benar-benar diperhatikan kualitas kelayakannya. Buku teks yang berkualitas menurut Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) wajib memenuhi empat aspek kelayakan, yakni aspek kelayakan bahasa, kelayakan penyajian, kelayakan grafika, dan kelayakan isi. Buku yang berkualitas harus memenuhi aspek-aspek kelayakan tersebut. Pengukuran kelayakan atau kualitas buku teks telah ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Jika buku teks yang dinilai berdasarkan komponen kelayakan yang telah ditetapkan oleh BSNP dan ternyata terdapat banyak komponen yang belum sesuai, buku teks tersebut dapat dikatakan belum memenuhi standar. Menurut Pusat Perbukuan Depdiknas (2005:7) menyebutkan tiga aspek standar kelayakan buku teks pelajaran bahasa Indonesia, yaitu aspek materi atau isi, aspek penyajian, dan aspek kebahasaan. Realitasnya buku teks yang digunakan saat ini masih memiliki berbagai permasalahan. Permasalahan tersebut juga ditemukan peneliti ketika melakukan observasi awal pada buku teks bahasa Indonesia kelas XI SMA edisi revisi 2017. Permasalahan yang ditemukan berkaitan dengan kelayakan isi, yakni kesesuaian uraian materi dengan kompetensi inti (KI) dan kompetensi dasar (KD). Permasalahan tersebut ditemukan pada KD 3.2 menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur. Pada buku teks tersebut jabaran indikator dari KD 3.2 bermasalah, yakni kekurangtepatan penggunaan kata kerja operasional. Permasalahan kelayakan bahasa, dari aspek keterbacaan teks 10 yang berjudul “Tentang Jepang” pada KD 4.5 kurang sesuai untuk siswa kelas XI karena teka tersebut sesuai untuk kelas VII. Permasalahan kelayakan penyajian, tidak ditemukan contoh yang mendukung KD misalnya KD 3.2 sehingga penyajiannya berupa materi kemudian penugasan tanpa disajikan contoh terlebih dahulu. Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah penelitian ini, yaitu (1) bagaimana kelayakan isi buku bahasa Indonesia kelas XI SMA edisi revisi 2017 yang digunakan saat ini, (2) bagaimana kelayakan bahasa buku bahasa Indonesia kelas XI SMA edisi revisi 2017 yang digunakan saat ini, dan (3) bagaimana kelayakan penyajian buku bahasa Indonesia kelas XI SMA edisi revisi 2017 yang digunakan saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan isi,
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Buku teks, kelayakan isi, bahasa, dan penyajian. |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 01 Apr 2020 15:43 |
Last Modified: | 01 Apr 2020 15:43 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35505 |
Actions (login required)
View Item |