PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENGONSTRUKSI TEKS EKSPOSISI BERMUATAN KESENIAN DAERAH CILACAP UNTUK SISWA SMA KELAS X


Hani Rizki Sulistyorini , 2101414089 (2019) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENGONSTRUKSI TEKS EKSPOSISI BERMUATAN KESENIAN DAERAH CILACAP UNTUK SISWA SMA KELAS X. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENGONSTRUKSI TEKS EKSPOSISI BERMUATAN KESENIAN DAERAH CILACAP UNTUK SISWA SMA KELAS X]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENGONSTRUKSI TEKS EKSPOSISI BERMUATAN KESENIAN DAERAH CILACAP UNTUK SISWA SMA KELAS X) - Published Version
Download (972kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran bahasa memiliki tujuan yaitu mengantarkan siswa mencapai keterampilan berkomunikasi dengan baik dilingkungan sekolah maupun lingkungan sosial lainnya. Berdasarkan Permendikbud No. 81 A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum 2013, Pemerintah telah mengeluarkan Kurikulum baru yaitu berbasis teks. Teks merupakan ungkapan pernyataan suatu kegiatan sosial yang bersifat verbal. Dalam Kurikulum 2013 memuat teks eksposisi sebagai kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa kelas X SMA. Sebagai penunjang kegiatan pembelajaran berbasis teks, pemerintah telah mengeluarkan buku pendamping bagi siswa dan buku buku panduan bagi guru. Akan tetapi, materi yang tersedia dalam buku pemerintah tersebut masih memiliki kekurangan. Oleh karena itu, dibutuhkan buku pelengkap yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru, seperti buku pengayaan mengonstruksi teks eksposisi yang nantinya akan dijadikan sebagai tambahan sumber belajar, khususnya pada materi teks eksposisi. Buku ini akan diberi muatan kesenian daerah Cilacap guna menumbuhkan rasa cinta terhadap kesenian daerah. Penelitian ini berusaha memecahkan beberapa masalah yang ada, diantaranya adalah (1) bagaimana ketersediaan dan kondisi buku pendamping pembelajaran bahasa Indonesia khususnya materi mengonstruksi teks eksposisi yang sudah ada, (2) bagaimana kebutuhan buku pengayaan mengonstruksi teks eksposisi bermuatan kesenian daerah Cilacap, (3) bagaimana prototipe buku pengayaan mengonstruksi teks eksposisi bermuatan kesenian daerah Cilacap, (4) Bagaimana penilaian dan saran perbaikan dari guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan dosen ahli terhadap prototipe buku pengayaan mengosntruksi teks eksposisi bermuatan kesenian daerah Cilacap, (5) Bagaimana perbaikan prototipe buku pengayaan mengonstruksi teks eksposisi bermuatan kesenian daerah Cilacap. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan ketersediaan dan kondisi buku pendamping pembelajaran bahasa Indonesia khususnya materi teks eksposisi, (2) mendeskripsikan kebutuhan buku pengayaan mengonstruksi teks eksposisi bermuatan kesenian daerah Cilacap, (3) memaparkan prototipe buku pengayaan mengonstruksi teks eksposisi bermuatan kesenian daerah Cilacap, (4) mengetahui penilaian dari ahli (dosen dan guru), (5) menggambarkan perbaikan prototipe buku pengayaan mengonstruksi teks eksposisi bermuatan kesenian daerah Cilacap untuk siswa SMA kelas X. Penelitian ini menggunakan desain research and development (R&D) yang dilakukan dengan lima tahap, yaitu (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk, (4) penilaian produk dan revisi, (5) penyempurnaan produk akhir. Sumber data penelitian ini adalah siswa, guru, ix dan dosen ahli. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner untuk memperoleh data ketersediaan dan kondisi buku pendamping bahasa Indonesia serta kebutuhan buku pengayaan mengonstruksi teks eksposisi bermuatan kesenian daerah Cilacap. Hasil dari penelitian ini menghasilkan beberapa data diantaranya yaitu, (1) ketersediaan dan kondisi buku pendamping pembelajaran bahasa Indonesia khususnya pada materi teks eksposisi. Berdasarkan hasil analisis terhadap kuesioner, dinyatakan bahwa buku yang tersedia di sekolah masih belum memenuhi kebutuhan siswa dan guru utamanya dalam hal materi. Materi yang disediakan masih kurang, sehingga diperlukan sumber lain. (2) analisis kebutuhan buku pengayaan mengonstruksi teks eksposisi bermuatan kesenian daerah Cilacap untuk siswa SMA kelas X, hasil analisis menunjukan bahwa siswa dan guru mengharapkan buku pengayaan yang peneliti kembangkan dapat memenuhi kebutuhan siswa dan guru terutama dalam aspek materi, penyajian materi, penyajian contoh teks, aspek bahasa dan keterbacaan, dan aspek kegrafikaan. Siswa dan guru juga berharap buku pengayaan tersebut dikemas dengan menarik, supaya siswa tertarik dan antusias untuk membaca. (3) penilaian hasil prototipe buku pengayaan mengonstruksi teks eksposisi bermuatan kesenian daerah Cilacap oleh dosen ahli dan guru. Berdasarkan hasil analisis, buku pengayaan mengonstruksi teks eksposisi memperoleh skor dalam aspek materi oleh guru dan dosen ahli masing-masing 72,9 dan 85,41. Aspek penyajian materi memperoleh skor sebesar 66,6 dan 83,4. Kemudian pada aspek bahasa dan keterbacaan memperoleh skor 71,8 dan 68,8. Lalu pada aspek kegrafikan, penialai guru dan dosen masing-masing memperoleh skor 69,7 dan 78,125. Aspek yang terakhir yaitu muatan kesenian daerah Clacap mendapat skor dari guru sebesar 75 dan dosen ahli memberi skor 87,5. Jika dirata-rata secara keseluruhan skor, maka memperoleh simpulan bahwa buku pengayaan mengonstruksi teks eksposisi bermuatan kesenian daerah Cilacap sudah berkategori baik. Berdasarkan hasil temuan dari penelitian diatas, peneliti memberikan beberapa saran, yaitu (1) untuk memaksimalkan penggunaan buku pengayaan mengonstruksi teks eksposisi bermuatan kesenian daerah Cilacap untuk siswa SMA kelas X, siswa dan guru sebagai pembaca diwajibkan untuk membaca petunjuk buku terlebih dahulu, (2) buku pengayaan tersebut dapat mencapai tujuan pembelajaran mengonstruksi teks eksposisi, apabila guru tetap membimbing siswanya dalam kegiatan pembelajaran, (3) untuk para pemerhati pendidikan, khususnya bidang bahasa Indonesia hendaknya lebih digiatkan untuk mengadakan pengembangan buku-buku lain supaya pelaksanaan pembelajaran dapat berjalan dengan maksimal tanpa terkendala pada minimnya sumber belajar yang ada.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku pengayaan, mengonstruksi, teks eksposisi, kesenian daerah Cilacap.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 01 Apr 2020 15:38
Last Modified: 01 Apr 2020 15:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35504

Actions (login required)

View Item View Item