KELAYAKAN TEKS FABEL DALAM BUKU TEKS SMP KURIKULUM 2013 EDISI REVISI SEBAGAI BAHAN AJAR


Gandeng Yustina , 2101414044 (2019) KELAYAKAN TEKS FABEL DALAM BUKU TEKS SMP KURIKULUM 2013 EDISI REVISI SEBAGAI BAHAN AJAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KELAYAKAN TEKS FABEL DALAM BUKU TEKS SMP KURIKULUM 2013 EDISI REVISI SEBAGAI BAHAN AJAR]
Preview
PDF (KELAYAKAN TEKS FABEL DALAM BUKU TEKS SMP KURIKULUM 2013 EDISI REVISI SEBAGAI BAHAN AJAR) - Published Version
Download (794kB) | Preview

Abstract

Pemilihan teks kepada peserta didik jarang dilakukan. Guru hanya memberikan contoh sesuai dengan buku teks yang dimiliki peserta didik. Sehingga sangat dimungkinkan guru memberikan teks yang tidak sesuai dengan peserta didik. Untuk memberikan justifikasi terhadap kelayakan teks perlu dibutuhkan pemahaman atau analisis lebih dalam mengacu pada suatu pendekatan tertentu. Berkait dengan pemilihan teks fabel, perlu dilakukan sebuah analisis teks agar diketahui apakah teks yang disajikan kepada peserta didik layak atau tidak untuk diajarkan. Teks fabel dianalisis agar peserta didik merasa tepat mendapatkan teks tersebut. Berdasarkan latar belakang tersebut maka permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian adalah (1) unsur pembangun teks fabel yang tercantum pada buku Bahasa Indonesia kelas VII kurikulum 2013 edisi revisi, (2) kelayakan teks-teks fabel yang tercantum pada buku teks bahasa Indonesia kelas 2013 edisi revisi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan unsur pembangun, pesan moral dan kelayakan teks-teks fabel yang tercantum pada buku Bahasa Indonesia kelas VII Kurikulum 2013 Edisi revisi. Adapun metode yang digunakan penelitian ini adalah metode deskripstif kulaitatif sedangkan sumber data dalam penelitian ini adalah buku teks Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan buku Mahir Berbahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas VII diterbitkan oleh Penerbit Erlangga. Teks-teks fabel tersebut dianalisis menggunakan aspek validitas dan reliabilitas. Aspek validitas meliputi (1) tokoh, (2) tema, (3) latar sedangkan aspek reliabilitas meliputi (1) kaidah kebahasaan teks (2) struktur teks (3) pesan moral. Dalam 20 teks fabel yang dianalisis, ditemukan kesamaan yaitu, sudut pandang yang digunakan dalam teks adalah sudut pandang orang ketiga serba tahu. Terdapat dua buah teks fabel yang tidak jelas penggambaran wataknya. Kemudian terdapat dua buah teks fabel yang tidak memenuhi kriteria tema. Sedangkan pada latar, 20 teks memenuhi kriteria. Di tinjau dari aspek kaidah kebahasaan semua teks layak dijadikan bahan ajar namun pada aspek struktur terdapat enam teks yang tidak layak atau tidak lengkap. Terakhir pada aspek pesan moral terdapat tiga teks yang tidak layak. Maka dari itu, berdasarkan segi validitas dan reliabilitas teks fabel, terdapat 13 teks fabel dalam buku teks yang dikategorikan layak untuk dijadikan bahan ajar unutk vii SMP kelas VII, yaitu, (1) Belalang Sembah, (2) Sesama Saudara Harus Berbagi, (3) Semua Istimewa, (4) Gajah yang Baik Hati, (5) Kuda Berkulit Harimau, (6) Cici dan Serigala, (7) Kisah Semut dan Kepompong, (8) Kura-kura dan Monyet yang Rakus, (9) Anak Katak yang Sombong, (10) Buaya yang Jujur, (11) Buaya dan Burung Penyanyi (12) Kasuari dan Dara Mahkota, (13) Kucing di Kandang Ayam. Melalui penelitian ini diharapkan baik guru maupun penulis buku lebih menyeleksi teks-teks sastra sebelum disajikan pada peserta didik. Guru hendaknya lebih peka dalam pemilihan teks-teks yang diasjikan. Bagi penulis buku, juga diharapkan mengambil peran untuk menyeleksi teks-teks sastra yang dicantumkan dalam buku teks. Kemudian bagi peneliti selanjutnya, mampu melengkapi dan menyempurnakan penelitian ini. pun bagi pembaca, penelitian ini mampu meningkatkan pengetahuan mengenai isi dan pemaknaan dari teks-teks fabel yang tercantum dalam buku teks pelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: teks fabel, unsur pembangun, validitas, reliabilitas, kelayakan teks.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 01 Apr 2020 15:30
Last Modified: 01 Apr 2020 15:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35499

Actions (login required)

View Item View Item