REKONSTRUKSI RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 SMP/MTS di KOTA SEMARANG


Miftakhunnikmah , 2101414040 (2019) REKONSTRUKSI RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 SMP/MTS di KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of REKONSTRUKSI RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 SMP/MTS di KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (REKONSTRUKSI RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 SMP/MTS di KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (806kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 yang ditetapkan di SMP menyebabkan perubahan pada proses dan hasil belajar. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran bahasa Indonesia kelas VII SMP belum dikembangkan secara maksimal sesuai dengan kurikulum 2013. Sehingga perlu dilakukan penelitian tentang perencanaan pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013. Dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berbagai tahapan dilakukan guru mulai dari poses perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran belum dilaksanakan secara maksimal sehingga perlu dilakukan penelitian tentang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang disusun oleh guru mata pelajaran bahasa Indonesia. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana kelemahan Rencana Pelaksanan Pembelajaran (RPP) bahasa Indonesia kurikulum 2013 SMP/MTs di kota Semarang, (2) bagaimana rekonstruksi Rencana Pelaksanan Pembelajaran (RPP) bahasa Indonesia kurikulum 2013 SMP/MTs di kora Semarang, (3) bagaimana penilaian ahli terhadap rekonstruksi Rencana Pelaksanan Pembelajaran (RPP) bahasa Indonesia kurikulum 2013 SMP/MTs di kora Semarang, (4) bagaimana hasil perbaikan rekonstruksi Rencana Pelaksanan Pembelajaran (RPP) bahasa Indonesia kurikulum 2013 SMP/MTs di kora Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif kalitatif. Fokus penelitian adalah kesesuaian guru dalam mengembangkan RPP berupa perencanaan pembelajaran, pelaksanan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran, rekonstruksi RPP mata pelajaran bahasa Indonesia pada SMP kelas VII dan hasil rekonstruksi oleh penilaian ahli. penelitian melibatkan delapan guru dari delapan sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan penilaian ahli. Uji kredibilitas data ii dilakukan dengan pemeriksaan oleh ahli yakni dosen dan guru yang ahli dalam pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Hasil penelitian ini adalah (1) kelemahan RPP bahasa Indonesia kurikulum 2013 SMP/MTs di kota Semarang hampir ditemui disetiap komponen RPP (2) rekonstruksi RPP bahasa Indonesia kurikulum 2013 SMP/MTs di kota Semarang telah dilakukan beberapa aspek yaitu indikator, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, sumber belajar, skenario pembelajaran, dan penilaian. (3) penilaian ahli terhadap Rekonstruksi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bahasa Indonesia kurikulum 2013 SMP/MTs di kota Semarang masih terdapat beberapa kekurangan yang perlu diperbaiki yaitu pada komponen indikator, tujuan pembelajaran, dan materi pembelajaran. (4) hasil perbaikan Rekonstruksi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bahasa Indonesia kurikulum 2013 SMP/MTs di kota Semarang yaitu pada indikator dengan mengubah kata kerja operasional, tujuan pembelajaran, menambahkan aspek sikap dalam mendeksripsikan tujuan pembelajaran serta mengurangi muatan karakter dan pada materi pembelajaran dirincikan untuk setiap pertemuan dan menambahkan pada sub judul materi yang akan diajarkan. Berdasarkan hasil dan simpulan dalam penelitian ini, peneliti menyampaikan beberapa saran sebagai berikut: 1) pendidik dapat mengembangkan keterampilan dalam membuat RPP mata pelajaran bahasa Indonesia terutama pada komponen indikator pencapaian kompetensi, media pembelajaran, materi pembelajaran, langkah-langkah pemberlajaran, serta penilaian pembelajaran beserta lampiran yang mendukung proses pembelajaran. 2) hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi untuk merekonstruksi RPP mata pelajaran bahasa Indonesia baik teks bahasa maupun teks sastra. 3) perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk menguji hasil rekonstruksi RPP mata pelajaran bahasa Indonesia dalam pembelajaran sehingga dapat digunakan secara maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: rekonstruksi, kurikulum 2013, rencana pelaksanaan pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 01 Apr 2020 15:25
Last Modified: 01 Apr 2020 15:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35495

Actions (login required)

View Item View Item