PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN TEKS ANEKDOT BERMUATAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER
Andwina Arum Ratrisari , 2101414016 (2019) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN TEKS ANEKDOT BERMUATAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN TEKS ANEKDOT BERMUATAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Mata pelajaran Bahasa Indonesia pada kurikulum 2013 merupakan pembelajaran yang berbasis teks. Ada beberapa teks baru yang dimunculkan dalam kurikulum 2013. Salah satunya adalah teks anekdot. Kurikulum 2013 revisi tidak hanya memprioritaskan pengetahuan dan keterampilan saja, tetapi sikap atau kepribadian menjadi hal yang penting untuk dibangun sejak dini. Hal tersebut dapat diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar. Dalam kegiatan belajar mengajar tentunya siswa membutuhkan buku sebagai sumber belajar. Guna menunjang pengembangan sikap atau kepribadian siswa maka perlu dikembangkan sebuah buku. Oleh sebab itu, buku pengayaan teks anekdot perlu diberikan muatan untuk membentuk atau mengarahkan perilaku siswa menjadi lebih baik. Muatan yang sesuai salah satunya adalah nilai-nilai pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kebutuhan siswa dan guru dalam pengembangan buku pengayaan teks anekdot bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter, (2) mendeskripsikan prototipe buku pengayaan teks anekdot bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter, (3) mendeskripsikan penilaian ahli terhadap buku pengayaan teks anekdot bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter, dan (4) mendeskripsikan perbaikan produk buku pengayaan teks anekdot bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D). Langkah-langkah penelitian disesuaikan dengan kebutuhan yaitu hanya lima tahapan, yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, dan (5) revisi desain. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data kebutuhan siswa dan guru adalah teknik wawancara. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa, guru, dan dosen ahli. Validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi data. Dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber data. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif melalui pemaparan data dan verifikasi atau simpulan data. Hasil penelitian yang telah dilakukan sebagai berikut. Pertama, hasil analisis kebutuhan buku pengayaan teks anekdot bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter menghasilkan karakteristik buku pengayaan yang terdiri atas (1) aspek materi/isi, (2) aspek penyajian, (3) aspek bahasa dan ilustrasi, dan (4) aspek grafika. Kedua, prototipe buku pengayaan disusun berdasarkan analisis kebutuhan meliputi beberapa bagian. Bagian-bagian dari prototipe buku pengayaan teks anekdot bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter antara lain, (1) Bagian ix pendahuluan buku yang meiputi sampul buku bagian depan, halaman judul, hak cipta, prakata, dan daftar isi, (2) bagian isi buku yang meliputi contoh tes anekdot dan ulasan nilai-nilai pendidikan karakter yang termuat dalam teks anekdot, (3) bagian akhir buku yang meliputi glosarium, biodata penulis, dan sampul bagian belakang. Ketiga, penilaian dan perbaikan prototipe buku pengayaan teks anekdot bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter disampaikan oleh dua dosen ahli. Penilaian diklasifikasikan menjadi empat aspek, yaitu (1)aspek materi/isi, (2) aspek penyajian, (3) aspek bahasa dan ilustrasi, dan (4) aspek grafika. Dari keempat aspek tersebut diklasifikasikan baik, dan diuraikan sebagai berikut, aspek materi dan isi memperoleh rata-rata 72,5, aspek penyajian memperoleh rata-rata 72,5, aspek bahasa dan ilustrasi memperoleh rata-rata 75, dan aspek bahasa dan ilustrasi memperoleh rata-rata 76,7. Keempat, perbaikan yang dilakukan terhadap prototipe buku pengayaan teks anekdot bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter berdasarkan saran perbaikan oleh ahli antara lain, (1) beberapa tokoh dan setting lebih disesuaikan lagi dengan usia siswa, (2) lebih diperjelas dan diperbesar bagian ulasan nilai karakter pada setiap cerita teks anekdot, (3) uraian penanda anekdot dan nilai karakter perlu diperdalam, dan (4) biodata layouter dan ilustrator tidak perlu dicantumkan. Adapun saran yang dapat disampaikan peneliti adalah sebagai berikut. Pertama, hendaknya buku pengayaan teks anekdot bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter dapat dimanfaatkan oleh peserta didik maupun pendidik sebagai pelengkap buku teks pelajaran. Kedua, buku pengayaan teks anekdot bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter dapat digunakan peserta didik dan pendidik untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter dalam proses belajar mengajar. Ketiga, perlu diadakan penelitian lebih lanjut untuk menguji keefektifan buku pengayaan teks anekdot bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter sehingga mendapatkan hasil yang maksimal dan dapat digunakan dalam skala yang lebih luas.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | buku pengayaan, teks anekdot, nilai-nilai pendidikan karakter. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 01 Apr 2020 15:19 |
Last Modified: | 01 Apr 2020 15:19 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35491 |
Actions (login required)
View Item |