NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KUMPULAN CERPEN BIDADARI MENITI PELANGI KARYA S. PRASETYO UTOMO DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR TEKS CERPEN DI SMA KELAS XI


Muhammad Arbi , 2101414011 (2019) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KUMPULAN CERPEN BIDADARI MENITI PELANGI KARYA S. PRASETYO UTOMO DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR TEKS CERPEN DI SMA KELAS XI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KUMPULAN CERPEN BIDADARI MENITI PELANGI KARYA S. PRASETYO UTOMO DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR TEKS CERPEN DI SMA KELAS XI]
Preview
PDF (NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KUMPULAN CERPEN BIDADARI MENITI PELANGI KARYA S. PRASETYO UTOMO DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR TEKS CERPEN DI SMA KELAS XI) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Cerita pendek merupakan salah satu jenis karya sastra yang memiliki potensi besar untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter pada peserta didik. Pendidikan karakter merupakan pendidikan yang menanamkan dan mengembangkan karakter-karakter luhur kepada anak didik, sehingga mereka memiliki karakter luhur itu, menerapkan dan mempraktikkan dalam kehidupannya, entah dalam keluarga, sebagai anggota masyarakat dan warga negara. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) apa saja nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam cerita pendek dalam kumpulan cerita pendek Bidadari Meniti Pelangi karya S. Prasetyo Utomo, dan (2) bagaimana kelayakan cerita pendek dalam kumpulan cerita pendek Bidadari Meniti Pelangi karya S. Prasetyo Utomo sebagai alternatif bahan ajar teks cerita pendek di SMA ditinjau dari nilai-nilai pendidikan karakter dan kriteria kelayakan bahan ajar. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) menjelaskan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam cerita pendek dalam kumpulan cerita pendek Bidadari Meniti Pelangi karya S. Prasetyo Utomo, dan (2) menjelaskan kelayakan cerita pendek dalam kumpulan cerita pendek Bidadari Meniti Pelangi karya S. Prasetyo Utomo sebagai alternatif bahan ajar apresiasi teks cerpen di kelas XI ditinjau dari nilai-nilai pendidikan karakter dan kriteria kelayakan bahan ajar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah strukturalisme dinamik. Strukturalisme dinamik mengakui kesadaran subjektif dari pengarang, mengakui peran sejarah serta lingkungan sosial, meski bagaimanapun sentral penelitian tetap pada karya sastra itu sendiri. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan menggunakan teknik simak dan catat. Pendekatan tersebut digunakan untuk mengkaji pendidikan karakter dalam kumpulan cerita pendek Bidadari Meniti Pelangi karya S. Prasetyo Utomo dan kelayakannya sebagai bahan ajar teks cerita pendek di SMA kelas XI. Hasil penelitian adalah nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam kumpulan cerpen Bidadari Meniti Pelangi yaitu: 1) religius, 2) nasionalis, 3) mandiri, 4) integritas, 5) gotong royong, dan 6) menjunjung tinggi budaya leluhur. Nilai-nilai pendidikan karakter juga dapat dijumpai dalam berbagai permasalahan sosial yang penting, yaitu : 1) kemiskinan, 2) kejahatan, 3) disorganisasi keluarga, 4) peperangan, 5) pelanggaran terhadap norma-norma masyarakat, 6) masalah kependudukan, 7) masalah lingkungan hidup, dan 8) birokrasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter, cerita pendek, bahan ajar, strukturalisme dinamik.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 01 Apr 2020 15:11
Last Modified: 01 Apr 2020 15:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35490

Actions (login required)

View Item View Item