PERBANDINGAN ANTARA PENGGUNAAN BEARING STANDAR DAN BEARING RACING PADA CRANKSHAFT TERHADAP DAYA DAN TORSI PADA SEPEDA MOTOR


Dika Dwi Saputra , 5202415093 (2019) PERBANDINGAN ANTARA PENGGUNAAN BEARING STANDAR DAN BEARING RACING PADA CRANKSHAFT TERHADAP DAYA DAN TORSI PADA SEPEDA MOTOR. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PERBANDINGAN ANTARA PENGGUNAAN BEARING STANDAR DAN BEARING RACING PADA CRANKSHAFT TERHADAP DAYA DAN TORSI PADA SEPEDA MOTOR ]
Preview
PDF (PERBANDINGAN ANTARA PENGGUNAAN BEARING STANDAR DAN BEARING RACING PADA CRANKSHAFT TERHADAP DAYA DAN TORSI PADA SEPEDA MOTOR ) - Published Version
Download (925kB) | Preview

Abstract

Bearing racing sering kali digunakan untuk keperluan putaran tinggi, menyebabkan sepeda motor menghasilkan performa motor yang lebih besar. Celah antara inner-ring raceway dan outer-ring raceway yang dimiliki bearing standar sempit. Dengan mengubah celah yang lebih lebar dan juga mengubah jenis material pada bearing crankshaft supaya didapat tenaga mesin yang maksimal. Semakin cepat putaran crankshaft maka semakin cepat pula gerakan piston untuk mampu meningkatkan performa motor. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbandingan penggunaan bearing standar dan bearing racing merk Faito pada crankshaft sepeda motor Honda Supra X 125 helm in FI terhadap daya dan torsi yang dihasilkan. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan analisis statistik deskriptif. Obyek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan sepeda motor Honda Supra X 125 helm in FI. Alat yang digunakan untuk melakukan pengujian ini dengan menggunakan dynamometer untuk mengetahui daya dan torsi yang dihasilkan sepeda motor. Teknik yang dipakai pada penelitian ini yaitu dengan eksperimen melalui pengambilan data terhadap obyek yang diteliti dan merata-rata setiap data yang diperoleh. Prosedur pengujian dalam pengambilan data dilakukan pada bearing crankshaft standar dan bearing crankshaft racing dengan putaran mesin paling rendah diambil pada 2500 rpm dan putaran mesin paling tinggi yaitu dibatasi sampai 7500 rpm untuk menghindari kerusakan mesin pada bagian ruang bakar. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh terhadap peningkatan performa mesin yang dihasilkan dengan menggunakan bearing crankshaf racing pada sepeda motor Honda Supra X 125 helm in FI. Peningkatan performa terdiri dari daya dan torsi, yaitu daya mesin dari 9,96 HP mejadi 10,23 HP pada putaran mesin 7500 rpm, sedangkan peningkatan torsi mesin dari 11,43 N.m menjadi 11,83 N.m pada putaran mesin 2500 rpm. Sehingga dapat disimpulkan dengan melakukan penggantian bearing racing pada crankshaft dapat meningkatkan daya sebesar 2% dan torsi sebesar 2,65%. Saran kepada pengguna kendaraan sepeda motor Honda Supra X 125 helm in FI jika menginginkan daya dan torsi maksimal maka bisa menggunakan bearing merk Faito yang memiliki clearent 0,001 mm lebih lebar dari pada bearing crankshaft standar dan juga bobot yang ringan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bearing Crankshaft Standar, Bearing Crankshaft Racing, Daya, Torsi.
Subjects: L Education > Special Education > Automotive Education
L Education > Special Education > Automotive Education
L Education > Special Education > Automotive Education
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 01 Apr 2020 14:59
Last Modified: 01 Apr 2020 14:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35484

Actions (login required)

View Item View Item