PENGEMBANGAN E-MODUL COMMON RAIL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA KOMPETENSI PERAWATAN BAHAN BAKAR MESIN DIESEL DI SMK NEGERI JAWA TENGAH
Ahmad Murtadlo Zaka , 5202415061 (2019) PENGEMBANGAN E-MODUL COMMON RAIL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA KOMPETENSI PERAWATAN BAHAN BAKAR MESIN DIESEL DI SMK NEGERI JAWA TENGAH. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN E-MODUL COMMON RAIL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA KOMPETENSI PERAWATAN BAHAN BAKAR MESIN DIESEL DI SMK NEGERI JAWA TENGAH )
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Materi sistem common rail sulit diterima siswa dan kerja penginjeksian dikontrol ECU memerlukan pemahaman lebih lanjut dalam mempelajarinya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan e-modul untuk memberikan sumbangan hasil belajar, mengetahui kelayakan, dan efektifitas siswa terhadap penggunaan e-modul sistem common rail yang dikembangkan. Model pengembangan E-Modul ini menggunakan pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari 5 tahap yaitu (1) Analysis, (2) Design, (3) Develop, (4) Implementation, dan (5) Evaluation. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Designs (nondesigns) dengan model eksperimen one group pretest-postest design. Jenis data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa e-modul sistem common rail yang dapat membantu siswa memahami materi common rail dengan baik. Emodul memiliki fitur tambahan berupa gambar, link, audio, video, dan animasi. Berdasarkan hasil uji kelayakan produk, diperoleh persentase data akhir sebesar 80,00% untuk ahli media dan 85,63% untuk ahli materi, sehingga produk e-modul sistem common rail yang dikembangkan tersebut memenuhi kategori layak dan sangat layak. E-modul dapat memberikan sumbangan hasil belajar siswa dilihat dari selisih nilai rata-rata pretest-posttest sebesar 16,06. Uji-t menunjukkan nilai thitung= 8,91 > ttabel= 2,080. Sumbangan hasil belajar siswa diperoleh rata-rata uji N-Gain sebesar 0,5622 dengan kriteria sumbangan belajar siswa sedang. Analisis efektifitas siswa terhadap e-modul diperoleh persentase sebesar 91,86% termasuk dalam kategori sangat baik, sehingga dapat disimpulkan e-modul membantu siswa dalam memahami materi sistem common rail pada mesin diesel.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-modul, Common Rail, ADDIE, Sumbangan |
Subjects: | L Education > Special Education > Automotive Education L Education > Special Education > Automotive Education L Education > Special Education > Automotive Education |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1 |
Depositing User: | indah tri pujiati |
Date Deposited: | 01 Apr 2020 14:57 |
Last Modified: | 01 Apr 2020 14:57 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35483 |
Actions (login required)
View Item |