PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS NARASI BERMUATAN CINTA LINGKUNGAN UNTUK SISWA SMP
Khosi’ Hidayah, 2101412121 (2019) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS NARASI BERMUATAN CINTA LINGKUNGAN UNTUK SISWA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS NARASI BERMUATAN CINTA LINGKUNGAN UNTUK SISWA SMP)
- Published Version
Download (770kB) | Preview |
Abstract
Indonesia telah menerapkan kurikulum baru dalam pendidikan, yaitu Kurikulum 2013. Salah satu kompetensi di dalam Kurikulum 2013 yang harus dikuasai siswa, yaitu menceritakan kembali teks narasi, baik secara lisan maupun tulis. Dalam hal ini, tentunya guru harus berupaya untuk memberikan pembelajaran yang dapat membantu siswa menguasai kompetensi tersebut. Salah satunya dapat dilakukan dengan bantuan alat berupa buku pengayaan. Bahan-bahan yang akan dimasukkan dalam buku pengayaan hendaknya dapat menanamkan karakter peduli lingkungan, yaitu disajikan teks-teks narasi bermuatan cinta lingkungan untuk menanamkan karakter peduli lingkungan. Oleh sebab itu, dikembangkan buku pengayaan menceritakan kembali isi teks narasi bermuatan cinta lingkungan. Tujuan penelitian ini, meliputi 1) mendeskripsi karakteristik kebutuhan buku pengayaan menceritakan kembali isi teks narasi bermuatan cinta lingkungan untuk siswa SMP; 2) mengembangkan prototipe buku pengayaan menceritakan kembali isi teks narasi bermuatan cinta lingkungan untuk siswa SMP; dan 3) mendeskripsi penilaian praktisi dan ahli terhadap buku pengayaan menceritakan kembali isi teks narasi bermuatan cinta lingkungan untuk siswa SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) yang dilakukan dengan lima tahapan: 1) potensi dan masalah; 2) mengumpulkan informasi; 3) desain produk; 4) validasi desain; dan 5) revisi dan perbaikan desain. Penelitian ini menggunakan dua teknik pengumpulan data, yaitu angket dan wawancara untuk memeroleh data kebutuhan buku pengayaan dan penilaian prototipe buku pengayaan. Adapun sumber data terdiri atas siswa, guru, dan dosen ahli. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif yang terdiri atas pemaparan data dan simpulan data. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, hasil analisis kebutuhan buku pengayaan menceritakan kembali isi teks narasi bermuatan cinta lingkungan menghasilkan karakteristik yang terdiri atas enam aspek, yaitu (1) ketersediaan dan kondisi buku pendamping, (2) materi/isi buku, (3) penyajian, (4) bahasa dan keterbacaan, (5) grafika, dan (6) muatan cinta lingkungan. Kedua, buku pengayaan dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip pengembangan. Aspek materi/isi disusun menggunakan prinsip keterkaitan, kesesuaian, dan kebaruan. Aspek penyajian disusun menggunakan prinsip keruntutan. Aspek bahasa disusun menggunakan prinsip kemudahan, kekomunikatifan, dan kebakuan. Aspek grafika disusun menggunakan prinsip kemenarikan dan vii kekonsistenan. Ketiga, prototipe buku pengayaan dinilai dan diberi saran perbaikan oleh seorang praktisi dan dua dosen ahli. Penilaian buku dibagi menjadi empat bagian, yaitu awal, isi, akhir, dan muatan cinta lingkungan. Pada bagian awal, nilai rata-rata yang diperoleh, yaitu 92,43 dan dikategorikan baik. Bagian isi buku mendapat nilai rata-rata 90,84 dan dikategorikan baik. Bagian akhir buku mendapat nilai rata-rata 83,34 dan dikategorikan baik. Bagian muatan cinta lingkungan mendapat nilai rata-rata 89,17 dan dikategorikan baik. Adapun perbaikan yang dilakukan, meliputi (1) desain sampul depan dan belakang mencerminkan muatan cinta lingkungan dengan mencantumkan nama penulis, (2) ilustrasi pada bagian awal bab lebih diperkecil, (3) judul bab I pada buku pengayaan diganti menjadi “Mengenal Teks Narasi”, (4) judul bab II pada buku pengayaan diganti menjadi “Mendeskripsikan Isi Teks Narasi”, (5) tanda informasi penting pada bab II diganti dengan warna yang lebih cerah agar tulisan tetap terbaca, (6) judul bab II pada buku pengayaan diganti menjadi “Menceritakan Isi Teks Narasi”, (7) bagian bab III ditambahkan materi langkah-langkah menceritakan kembali isi teks secara tulis dan lisan, dan (8) daftar pustaka dari sumber internet ditulis sesuai dengan pedoman penulisan daftar pustaka. Berdasarkan saran perbaikan tersebut, peneliti melakukan perbaikan buku pengayaan sesuai dengan saran yang telah diberikan oleh praktisi dan dosen ahli. Adapun saran yang dapat direkomendasikan, yaitu hendaknya buku pengayaan dapat digunakan oleh peserta didik dan guru sebagai buku pendamping buku teks pelajaran dalam pembelajaran menceritakan kembali isi teks narasi secara lisan dan tulis; dapat digunakan oleh guru dalam upaya penanaman nilai-nilai cinta lingkungan dan pendidikan karakter; dan dilakukan penelitian lebih lanjut untuk menguji buku pengayaan menceritakan kembali isi teks narasi bermuatan cinta lingkungan sehingga dapat digunakan secara maksimal.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | buku pengayaan, menceritakan kembali, teks narasi, cinta lingkungan. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 01 Apr 2020 15:01 |
Last Modified: | 01 Apr 2020 15:01 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35481 |
Actions (login required)
View Item |