PENGEMBANGAN MEDIA EDU-GAME BERBASIS ANDROID UNTUK MATERI KETERAMPILAN HAND TOOLS, POWER TOOLS, DAN SPECIAL SERVICE TOOLS OTOMOTIF


Muhammad Faizin , 5202415019 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA EDU-GAME BERBASIS ANDROID UNTUK MATERI KETERAMPILAN HAND TOOLS, POWER TOOLS, DAN SPECIAL SERVICE TOOLS OTOMOTIF. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA EDU-GAME BERBASIS ANDROID UNTUK MATERI KETERAMPILAN HAND TOOLS, POWER TOOLS, DAN SPECIAL SERVICE TOOLS OTOMOTIF ]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA EDU-GAME BERBASIS ANDROID UNTUK MATERI KETERAMPILAN HAND TOOLS, POWER TOOLS, DAN SPECIAL SERVICE TOOLS OTOMOTIF ) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kegiatan belajar mengajar kurang adanya interaksi antara tenaga pengajar dan peserta didik. Tenaga pengajar belum mengoptimalkan media pembelajaran dalam menjelaskan materi pelajaran Pekerjaan Dasar Otomotif khususnya pada teori hand tools, power tools, special tools. Pembelajaran yang monoton dapat menyebabkan siswa tidak interaktif dalam mengikuti pembelajaran yang berlangsung. Media yang digunakan oleh guru dinilai kurang praktis karena tidak dapat digunakan sewaktu-waktu oleh siswa. Hal ini berpengaruh pada hasil nilai praktik siswa-siswa yang masih dibawah rata-rata KKM. Maka tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran edu-game berbasis android, mengetahui kelayakan, menguji keterkaitan dengan peningkatan nilai keterampilan siswa dan kepraktisan dari media. Model pengembangan edu-game ini menggunakan pengembangan 4D model ini terdiri dari 4 tahapan, yaitu : 1) Define, 3) Desain, 4)Development, dan 4)Desiminite. Penelitian ini dilakukann pada skala uji terbatas yaitu 30 peserta dan desain penelitian yang digunakan yaitu pre eksperimental design dengan model eksperimen one group pretest – posttest design, jenis data yang dikumpulkan berupa data kuatitatif. Analisis data menggunakan uji-t untuk mengetahui perbedaan signifikansi antara hasil pretestdan posttest. kemudian uji n-gain untuk hasil ranah psikomotorik agar diketahui peningkatan hasil dalam kategori rendah, sedang, atau tinggi. Hasil penelitian dan pengembangan berupa media edu-game yang dapat digunakan siswa sebagai media belajar materi hand tools, power tools dan special service tools. Berdasarkan uji kelayakan produk, diperoleh dari hasil akhir sebesar 82,1% untuk ahli mendia dan 83,5% untuk ahlim materi, sehingga dapat dinyatakan bahwa produk akhir Edu-Game materi hand tools, power tools, dan special service tools yang dikembangkan memenuhi kategori “sangat layak” untuk digunakan dalam pembelajaran. Hasil Uji coba skala terbatas diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dalam ranah psikomotorik diperoleh dari nilai pretest dan posttest. Rata-rata hasil peningkatan sebesar 15,5. Hasil perhitungan uji-t diperoleh thitung = 14,35 sedangkan ttabel (0,975)(29) = 2,040 pada = 5% dengan dk = 30-1 = 29 , sehingga dapat disimpulkan terjadi peningkatan nilai siswa antara nilai pretest dan posttest dengan menggunakan edu-game. Pengaruh Penggunaan Edu-Game materi hand tools, power tools, dan special service tools dinyatakan dalam bentuk kenaikan nilai siswa, diperoleh untuk rata-rata uji N-Gain sebesar 0,5 dengan kriteria peningkatan sedang. Uji kepraktisan terhadap produk edu-game materi hand tools, power tools, dan special service tools memperoleh persentase dan hasil akhir sebesar 89,7%, sehingga dapat dinyatakan bahwa produk termasuk dalam kategori “sangat praktis”

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Edu-Game, Media, Praktis, Psikomotorik
Subjects: L Education > Special Education > Automotive Education
L Education > Special Education > Automotive Education
L Education > Special Education > Automotive Education
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 01 Apr 2020 14:35
Last Modified: 01 Apr 2020 14:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35477

Actions (login required)

View Item View Item