PENGARUH VARIASI INJECTOR HOLE TERHADAP TORSI, DAYA, DAN EMISI GAS BUANG YAMAHA AEROX 155 VVA


Azhar Permana Alam , 5202414028 (2019) PENGARUH VARIASI INJECTOR HOLE TERHADAP TORSI, DAYA, DAN EMISI GAS BUANG YAMAHA AEROX 155 VVA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH VARIASI INJECTOR HOLE TERHADAP TORSI, DAYA, DAN EMISI GAS BUANG YAMAHA AEROX 155 VVA]
Preview
PDF (PENGARUH VARIASI INJECTOR HOLE TERHADAP TORSI, DAYA, DAN EMISI GAS BUANG YAMAHA AEROX 155 VVA) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan bidang otomotif sangat pesat yang ditandai dengan meningkatnya jumlah kendaraan bermotor. Peningkatan jumlah kendaraan turut menyumbang sebagian besar polusi udara. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan variasi injector hole terhadap torsi, daya, dan emisi gas buang Yamaha Aerox 155 VVA. Metode penelitian menggunakan eksperimen dengan analisis deskriptif. Alat yang digunakan dalam penelitian ini antara lain, dynamometer, gas analyzer, tachometer, tool set, bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yamaha aerox 155 vva dengan variasi injector hole menggunakan bahan bakar pertamax. Pengujian torsi, daya, dan emisi gas buang pada setiap penggunaan variasi injector hole dilakukan sebanyak 3 (tiga) kali pada setiap putaran mesin. Hasil pengujian yang sudah dilakukan akan dihitung rata-rata setiap variasi putaran mesin. Setelah dilakukan penelitian terhadap torsi, daya, dan emisi gas buang CO & HC terdapat pengaruh dilihat dari perbedaan hasil nilai torsi, daya, dan emisi gas buang mesin yang signifikan pada setiap pengujian. Torsi yang dihasilkan mesin yang menggunakan injector hole 6 menghasilkan torsi maksimal pada putaran 3500 rpm sebesar 25,76 N.m. Mesin yang menggunakan injector hole 6 menghasilkan daya maksimal pada putaran mesin 5000 rpm sebesar 13,4 HP. Nilai uji emisi gas CO terbaik pada mesin yang menggunakan injector hole 6 sebesar 0,07%Vol, untuk emisi gas HC nilai uji emisi terbaik pada mesin yang menggunakan injector r hole 6 sebesar 49 ppmVol. Pengujian pada setiap variasi Injector hole dilakukan sebanyak mungkin agar didapatkan hasil yang lebih akurat, perlu dilakukan penelitian yang lebih lanjut tentang variasi injector hole yang tepat digunakan untuk meningkatkan performa mesin dan menurunkan emisi gas CO dan HC pada gas buang mesin.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: injector hole, torsi, daya, gas buang
Subjects: L Education > Special Education > Automotive Education
L Education > Special Education > Automotive Education
L Education > Special Education > Automotive Education
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 01 Apr 2020 14:14
Last Modified: 01 Apr 2020 14:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35471

Actions (login required)

View Item View Item