PENGARUH TEBAL CYLINDER HEAD GASKET TERHADAP TEKANAN KOMPRESI, TORSI, DAN DAYA SUZUKI SATRIA 150 FI


Darmadi Anwar , 5202414008 (2019) PENGARUH TEBAL CYLINDER HEAD GASKET TERHADAP TEKANAN KOMPRESI, TORSI, DAN DAYA SUZUKI SATRIA 150 FI. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH TEBAL CYLINDER HEAD GASKET   TERHADAP TEKANAN KOMPRESI, TORSI, DAN DAYA  SUZUKI SATRIA 150 FI ]
Preview
PDF (PENGARUH TEBAL CYLINDER HEAD GASKET TERHADAP TEKANAN KOMPRESI, TORSI, DAN DAYA SUZUKI SATRIA 150 FI ) - Published Version
Download (933kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan variasi ketebalan cylinder head gasket terhadap tekanan kompresi, torsi, dan daya pada Suzuki Satria 150 FI dan untuk mengetahui variasi ketebalan cylinder head gasket yang menghasilkan tekanan kompresi, torsi, dan daya optimal pada Suzuki Satria 150 FI menggunakan Pertamax. Alat yang digunakan dalam penelitian ini yaitu toolset, compression tester tipe ulir, chassis dynamometer, blower, tachometer, dan bahan yang digunakan yaitu cylinder head gasket tebal standar (0,5 mm), cylinder head gasket tebal 0,3 mm, cylinder head gasket tebal 1 mm, Suzuki Satria 150 FI, dan Pertamax. Pengujian tekanan kompresi, torsi dan daya pada setiap penggunaan variasi ketebalan cylinder head gasket dilakukan sebanyak 4 (empat) kali pengujian. Hasil pengujian yang sudah dilakukan akan dihitung rata-ratanya. Setelah dilakukan penelitian terhadap tekanan kompresi, torsi, dan daya terdapat pengaruh pada setiap pengujian. Tekanan kompresi tertinggi dicapai oleh cylinder head gasket tebal 0,3 mm sebesar 1.587,5 KPa mengalami peningkatan sebesar 15,45% . Torsi maksimal tertinggi dicapai oleh cylinder head gasket tebal 0,3 mm sebesar 14,8 N.m pada putaran mesin 8500 rpm mengalami peningkatan sebesar 8,03%. Daya maksimal tertinggi dicapai oleh cylinder head gasket tebal 0,3 mm sebesar 16,4 HP pada putaran mesin 10.000 rpm mengalami peningkatan sebesar 6,84%. Penggunaan cylinder head gasket dengan tebal 0,3 mm merupakan variasi ketebalan gasket yang menghasilkan tekanan kompresi, torsi, dan daya paling besar dibandingkan variasi ketebalan cylinder head gasket yang lain di penelitian ini yang dilakukan pada Suzuki Satria 150 FI menggunakan Pertamax. Penelitian ini dapat dikembangkan dengan menggunakan berbagai variasi nilai oktan bahan bakar tidak hanya menggunakan Pertamax untuk mengetahui apakah ada penurunan atau peningkatan performa yang disebabkan oleh penggunaan bahan bakar pada Suzuki Satria 150 FI.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: cylinder head gasket, tebal, tekanan kompresi, torsi, daya, Suzuki Satria 150 FI
Subjects: L Education > Special Education > Automotive Education
L Education > Special Education > Automotive Education
L Education > Special Education > Automotive Education
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 01 Apr 2020 14:05
Last Modified: 01 Apr 2020 14:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35468

Actions (login required)

View Item View Item