PENGEMBANGAN MULTIMEDIA DIFFERENTIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TKR SMK ISLAM AL-HIKMAH MAYONG


Nadya Rozalina Arbain , 5202414007 (2019) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA DIFFERENTIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TKR SMK ISLAM AL-HIKMAH MAYONG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MULTIMEDIA DIFFERENTIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TKR SMK ISLAM AL-HIKMAH MAYONG ]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA DIFFERENTIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TKR SMK ISLAM AL-HIKMAH MAYONG ) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan multimedia differential dan mengetahui kelayakannya dan peningkatan hasil belajar. Model pengembangan pada penelitian ini menggunakan model pengembangan dan penelitian (Research and Development/R&D. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah 3 orang ahli media, 3 orang ahli materi, dan siswa kelas XI TKR yaitu TKR 2 dan TKR 6 dengan jumlah masing-masing 30 siswa. Penelitian ini menggunakan desain uji coba Quasi Experimental Design dengan model Nonequivalent Control Group Design. Hasil uji coba ahli media memperoleh persentase kelayakan sebesar 95,7% dan ahli materi sebesar 95,4%, keduanya memperoleh kriteria sangat layak. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari perbedaan perolehan nilai rata-rata pretest dan posttest antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Nilai rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 63,53 dan nilai rata-rata posttest sebesar 72,13 sedangkan nilai ratarata pretest kelas eksperimen sebesar 62,93 dan nilai rata-rata posttest sebesar 77,10. Peningkatan nilai rata-rata pretest dan posttest sebesar 13,54% untuk kelas kontrol dan 22,51% untuk kelas eksperimen. Hasil analisis uji-t diperoleh thitung sebesar -0,37 untuk pretest yang berarti tidak ada perbedaan nilai pretest antara kelas kontrol dan eksperimen, sedangkan hasil thitung untuk posttest sebesar 3,25 yang berarti ada perbedaan nilai pretest antara kelas kontrol dan eksperimen. Hasil perhitungan uji ngain memperoleh rata-rata gain sebesar 0,235 untuk kelas kontrol dengan peningkatan rendah dan 0,386 untuk kelas eksperimen dengan peningkatan sedang. Disimpulkan adanya peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen yang memakai multimedia differential. Saran untuk penelitian ini adalah pemanfaatan multimedia differential sebaiknya menggunakan komputer/laptop untuk masing-masing pengguna. multimedia dikembangkan sesuai perkembangan kompetensi, dan menambahkan materi ataupun video differential yang kurang lengkap.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: chassis pemindah daya, multimedia differential, R&D, ADDIE
Subjects: L Education > Special Education > Automotive Education
L Education > Special Education > Automotive Education
L Education > Special Education > Automotive Education
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 01 Apr 2020 14:03
Last Modified: 01 Apr 2020 14:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35467

Actions (login required)

View Item View Item