PENGEMBANGAN MULTIMEDIA MATA PELAJARAN ENGINE MANAGEMENT SYSTEM UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MENGUKUR BESARAN LISTRIK ACTUATOR PADA ENGINE BENSIN


Piyan Fitriyanto , 5202414003 (2019) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA MATA PELAJARAN ENGINE MANAGEMENT SYSTEM UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MENGUKUR BESARAN LISTRIK ACTUATOR PADA ENGINE BENSIN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MULTIMEDIA MATA PELAJARAN ENGINE MANAGEMENT SYSTEM UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MENGUKUR BESARAN LISTRIK ACTUATOR PADA ENGINE BENSIN ]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA MATA PELAJARAN ENGINE MANAGEMENT SYSTEM UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MENGUKUR BESARAN LISTRIK ACTUATOR PADA ENGINE BENSIN ) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses belajar dapat menggunakan media pembelajaran yang dapat membantu proses pembelajaran dan dapat digunakan sebagai bahan belajar supaya proses pembelajaran berjalan dengan baik dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan multimedia mata pelajaran engine management system, peningkatan hasil belajar dan perbedaan hasil belajar pada saat diterapkan dalam kegiatan belajar. Penelitian ini dikategorikan dalam penelitian pengembangan dengan model 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu: Define, Design, Development, dan Dissemination, namun pada penelitian ini hanya menggunakan 3 tahap saja yaitu sampai pada tahap development. Desain uji coba penelitian ini menggunakan Quasy Experimental Design dengan model one group pretest-posttest. Produk pengembangan multimedia pembelajaran memerlukan validasi dalam rangka evaluasi formatif. Validasi tersebut diperoleh dari para subjek yang terdiri dari 3 ahli media dan 3 ahli materi serta siswa kelas XI Ototronik SMK Negeri 3 Salatiga dengan jumlah responden 30 peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner (angket) dan soal uji coba. Berdasarkan data hasil dari validasi ahli media diperoleh rata-rata persentase hasil penilaian sebesar 91% dengan kriteria “sangat layak” dan untuk rata-rata persentase penilaian ahli materi sebesar 84% dengan kriteria “sangat layak”. Peningkatan hasil belajar sesudah menggunakan multimedia pembelajaran ditunjukan dari hasil uji gain sebesar 0,3149 atau jika dalam skala persentase sebesar 31,49% dengan interpretasi peningkatan sedang. Perbedaan hasil belajar antara sebelum dan sesuah menggunakan multimedia pembelajaran ditunjukan dari hasil uji t dengan rata-rata nilai pretest 54,69 dan rata-rata nilai posttest 68,96. Berdasarkan uji t dapat ditarik hasil dari thitung sebesar 7,58 dan ttabel sebesar 2,045. Karena thitung > ttabel maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah mengggunakan multimedia. Saran untuk pengajar dapat dapat menggunakan multimedia pembelajaran yang telah dikembangkan sebagai media belajar pada mata pelajaran engine management system pada kompetensi mengukur besaran listrik actuator pada engine bensin, karena berdasarkan kajian yang relevan menunjukkan bahwa penggunaan multimedia pembelajaran lebih efektif dalam kegiatan belajar mengajar

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: multimedia, pembelajaran, actuator
Subjects: L Education > Special Education > Automotive Education
L Education > Special Education > Automotive Education
L Education > Special Education > Automotive Education
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 01 Apr 2020 14:01
Last Modified: 01 Apr 2020 14:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35466

Actions (login required)

View Item View Item