PEMBANGUNAN WADUK PACAL DAN PENGARUHNYA TERHADAP PEREKONOMIAN MASYARAKAT BOJONEGORO TAHUN 1927-1998


Juniar Rosiana Putri , 3111413014 (2019) PEMBANGUNAN WADUK PACAL DAN PENGARUHNYA TERHADAP PEREKONOMIAN MASYARAKAT BOJONEGORO TAHUN 1927-1998. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PEMBANGUNAN WADUK PACAL DAN PENGARUHNYA TERHADAP PEREKONOMIAN MASYARAKAT BOJONEGORO TAHUN 1927-1998 ]
Preview
PDF (PEMBANGUNAN WADUK PACAL DAN PENGARUHNYA TERHADAP PEREKONOMIAN MASYARAKAT BOJONEGORO TAHUN 1927-1998 ) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Waduk Pacal merupakan salah satu bangunan peninggalan pemerintah Hindia Belanda yang dibangun di Desa Kedungsumber, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro. Pembangunan Waduk Pacal disebabkan karena gagal panen pada awal abad ke-19 yang dialami dari tahun ke tahun, kekeringan dan tidak adanya cadangan air untuk pertanian, sedangkan wilayah Bojonegoro pada masa itu sebagian besar wilayahnya adalah pertanian. Hingga pemerintah Kolonial Hindia Belanda membuat trobosan untuk mengatasi kekeringan yang berkepanjangan. Atas dasar latar belakang tersebut, maka diperoleh beberapa rumusan masalah yaitu (1) Apa latarbelakang pemerintah Hindia Belanda membangun Waduk Pacal ?, (2) Apa saja fungsi dan pengelolaan Waduk Pacal ?, (3) Bagaimana dampak Waduk Pacal bagi perekonomian masyarakat Bojonegoro?. Tujuan dan manfaat dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan kondisi masyarakat Bojonegoro sebelum dan sesudah dibangunnya Waduk Pacal tersebut, sehingga dapat menjadi literatur penelitian tentang sejarah pembanguan Waduk Pacal serta pengaruhnya terhadap perekonomian masyarakat Bojonegoro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian sejarah yang meliputi (1) heuristik, yakni pengumpulan data berupa dokumen yang menyangkut tentang Waduk Pacal, serta sumber lisan dari hasil wawancara, (2) kritik sumber, yakni melakukan uji otentisitas dan kredibilitas, (3) interpretasi, yakni penafsiran terhadap sumber yang sudah terverifikasi dan (4) historiografi, yakni penulisan secara kronologis sebagai hasil penulisan sejarah. Hasil Penelitian adalah (1) Waduk Pacal dibangun pada tahun 1927 dan selesai tahun 1933. Tujuan utama pembangunan Waduk Pacal ini adalah untuk menampung air hujan sebagai cadangan air saat musim kemarau yang nantinya digunakan untuk pertanian serta kebutuhan sehari- hari, (2) Pada tahun 1934 terjadi pemulihan kondisi ekonomi masyarakat Bojonegoro, produktifitas pertanian yang terus mengalami peningkatan dari masa ke masa serta didukung dengan peralatan pertanian yang semakin canggih, (3) Adanya Pembangunan Waduk Pacal oleh Pemerintah Hindia Belanda sangat berdampak pada perekonomian yang semakin membaik, selain itu dampak sosial yang dialami masyarakat setelah pembangunan Waduk Pacal seperti perbedaan pola hidup masyarakat serta bertambahnya lapangan pekerjaan untuk masyarakat sekitar waduk.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Waduk, Pertanian, Bojonegoro
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 01 Apr 2020 12:53
Last Modified: 01 Apr 2020 12:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35453

Actions (login required)

View Item View Item