PENDIDIKAN MORAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI SMA NU AL MA’RUF KUDUS TAHUN PELAJARAN 2018/2019


Rina Novikasari , 3101415064 (2019) PENDIDIKAN MORAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI SMA NU AL MA’RUF KUDUS TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENDIDIKAN MORAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI SMA NU AL MA’RUF KUDUS TAHUN PELAJARAN 2018/2019]
Preview
PDF (PENDIDIKAN MORAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI SMA NU AL MA’RUF KUDUS TAHUN PELAJARAN 2018/2019) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana guru memberikan konsep pendidikan moral serta kendala dan upaya yang dihadapi guru dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di SMA NU Al Ma’ruf Kudus. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui implementasi konsep pendidikan moral yang terkandung dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di SMA NU Al Ma’ruf Kudus, (2) Kendala-kendala guru memberikan pendidikan moral dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di SMA NU Al Ma’ruf Kudus dan (3) Upaya untuk mengatasi kendala-kendala guru dalam memberikan pendidikan moral dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di SMA NU Al Ma’ruf Kudus. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Objek yang diteliti adalah pendidikan moral dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang berada di SMA NU Al Ma’ruf Kudus. Pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara mendalam, studi dokumen, mengamati dan mencatat secara langsung dengan cermat dan sistematis yang berkaitan dengan fokus pendidikan moral di sekolah tersebut dalam proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, serta melakukan wawancara dengan sejumlah informan ahli. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif, dengan proses reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Implementasi konsep pendidikan moral yang terkandung dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam terdiri dari perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran yang disusun secara sistematis; (2) Kendala-kendala guru dalam memberikan pendidikan moral dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam ada tiga yaitu dalam segi materi, kemerosotan moral, dan keterbatasan waktu; (3) Upaya untuk mengatasi kendala-kendala guru dalam memberikan pendidikan moral dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yaitu sekolah menerapkan beberapa aspek moral diantaranya aspek sikap kesopanan, sikap kejujuran, sikap toleransi, dan tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Moral, Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 31 Mar 2020 16:02
Last Modified: 31 Mar 2020 16:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35439

Actions (login required)

View Item View Item