PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA BERBASIS VIDEOSCRIBE MATERI KERAJAAN ISLAM DI JAWA KELAS X TAHUN AJARAN 2018/2019 DI SMA NEGERI 3 SALATIGA


Ainun Munawar , 3101415057 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA BERBASIS VIDEOSCRIBE MATERI KERAJAAN ISLAM DI JAWA KELAS X TAHUN AJARAN 2018/2019 DI SMA NEGERI 3 SALATIGA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA BERBASIS VIDEOSCRIBE MATERI KERAJAAN ISLAM DI JAWA KELAS X TAHUN AJARAN 2018/2019 DI SMA NEGERI 3 SALATIGA]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA BERBASIS VIDEOSCRIBE MATERI KERAJAAN ISLAM DI JAWA KELAS X TAHUN AJARAN 2018/2019 DI SMA NEGERI 3 SALATIGA) - Published Version
Download (792kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui pengembangan media pembelajaran berbasis videoscribe materi Kerajaan Islam di Jawa sub Materi Kerajaan Demak, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran sejarah Indonesia berbasis videoscribe materi Kerajaan Islam di Jawa sub materi kerajaan Demak di lihat dari hasil validasi yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media serta penilaian Guru dan Siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dibagi menjadi tiga tahap yaitu tahap pendahuluan dengan teknik pengambilan data berupa observasi, angket dan wawancara yang dianalisis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Tahap pengembangan, tahap ini dilakukan uji validitas produk dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Tahap evaluasi, tahap ini dilakukan untuk menguji kevalidan serta kelayakan dari pengguna dan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan (1) Bahwa media pembelajaran yang digunakan oleh guru sejarah SMA Negeri 3 Salatiga hanya menggunakan Power point, video bergambar diambil dari internet dan model pembelajaran yang monoton mengakibatkan mata pelajaran sejarah Indonesia menjadi membosankan dan kurang menarik, sehingga membutuhkan media pembelajaran yang lebih menarik, (2) Pengembangan media pembelajaran sejarah Indonesia materi Kerajaan Demak dibuat menggunakan software Sparkol Videoscribe, yang didasarkan pada naskah media dan narasi, (3) Berdasarkan tingkat kelayakan hasil validasi ahli materi, ahli media, dan ahli pembelajaran berturut-turut dengan hasil persentase 88.55%, 94.65%, dan 93.75%. serta hasil penilaian peserta didik sebesar 86.5%. Dengan demikian media ini layak digunakan sebagai media pembelajaran materi Kerajaan Islam di Jawa sub materi Kerajaan Demak. Saran untuk penelitian ini untuk melakukan penelitian dan pengembangan lebih lanjut; media pembelajaran penelitian ini yang dikembangkan dapat digunakan dalam pembelajaran sejarah Indonesia kelas X di SMA Negeri 3 Salatiga materi kerajaan Demak dan untuk pihak sekolah memfasilitasi para guru tertarik untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis audio-visual.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Videoscribe, Kerajaan Islam di Jawa, Kerajaan Demak
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 31 Mar 2020 15:58
Last Modified: 31 Mar 2020 15:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35438

Actions (login required)

View Item View Item