“PERAN GURU SEJARAH DALAM MENINGKATKAN SIKAP NASIONALISME SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 JUWANA PATI TAHUN PELAJARAN 2018/2019”


Ria Erlita Sari , 3101415056 (2019) “PERAN GURU SEJARAH DALAM MENINGKATKAN SIKAP NASIONALISME SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 JUWANA PATI TAHUN PELAJARAN 2018/2019”. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of “PERAN GURU SEJARAH DALAM MENINGKATKAN SIKAP NASIONALISME SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 JUWANA PATI TAHUN PELAJARAN 2018/2019”]
Preview
PDF (“PERAN GURU SEJARAH DALAM MENINGKATKAN SIKAP NASIONALISME SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 JUWANA PATI TAHUN PELAJARAN 2018/2019”) - Published Version
Download (695kB) | Preview

Abstract

Sikap Nasionalisme di kalangan siswa dewasa ini tergolong memprihatinkan sering kali masih banyak siswa yang terlambat masuk sekolah, tidak khidmat dalam mengikuti upacara bendera, tidak patuh terhadap guru, kurangnya sikap kepedulian terhadap peserta didik lain, dan kurangnya rasa saling menghormati antara sesama peserta didik atau dengan guru mereka. Peran guru sejarah dalam pembelajaran lebih mengarah dalam pembentukan karakter siswa melalui penyampaian nilai-nilai nasionalisme yang dapat dimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari siswa. Sehingga guru sejarah menjadi tokoh terdepan yang berperan dalam meningkatkan sikap nasionalisme siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) Perwujudan sikap nasionalisme siswa dalam kehidupan sehari-hari, (2) Peran guru sejarah dalam meningkatkan sikap nasionalisme siswa, (3) Kendala-kendala yang dihadapi guru sejarah dalam upaya meningkatkan sikap nasionalisme siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan mengambil latar penelitian di SMA Negeri 1 Juwana Kabupaten Pati. Informan dalam penelitian ini adalah guru sejarah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan siswa kelas XI IPS. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model anilisis data interaktif. Keabsahan data diperiksa dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian sebagai berikut: (1)sikap nasionalisme dikalangan siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Juwana dalam perwujudan sikap nasinalisme di kehidupan sehari-hari dalam hal bangga menjadi bangsa negara Indonesia, rela berkorban, menerima kemajemukan dan bangga kepada budaya Indonesia, dan menghargai jasa para pahlawan adalah diwujudkan dengan siswa belajar dengan rajin, disiplin waktu mengikuti kegiatan sekolah, menggunakan produk dalam negeri dan menghargai pendapat orang lain. (2) Peranan guru sejarah dalam usaha meningkatkan sikap nasionalisme siswa guru memilki peran sebagai teladan, pembimbing, pengajar, inspirator, pemegang otoritas, dan evaluator.(3) Kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan sikap nasionalisme siswa adalah perkembangan globalisasi, faktor latar belakang keluarga yang berbeda-beda, dan pergaulan siswa yang luas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Guru Sejarah, Sikap Nasionalisme, Siswa
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 31 Mar 2020 15:56
Last Modified: 31 Mar 2020 15:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35437

Actions (login required)

View Item View Item