PENGARUH PEMBELAJARAN SEJARAH PADA MATERI PERISTIWA PASCA KEMERDEKAAN INDONESIA TERHADAP SIKAP NASIONALISME SISWA KELAS XI IPS DI SMA MUHAMMADIYAH 1 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2018/2019
Nurul Riri Saputri , 3101415039 (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN SEJARAH PADA MATERI PERISTIWA PASCA KEMERDEKAAN INDONESIA TERHADAP SIKAP NASIONALISME SISWA KELAS XI IPS DI SMA MUHAMMADIYAH 1 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2018/2019. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PENGARUH PEMBELAJARAN SEJARAH PADA MATERI PERISTIWA PASCA KEMERDEKAAN INDONESIA TERHADAP SIKAP NASIONALISME SISWA KELAS XI IPS DI SMA MUHAMMADIYAH 1 KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2018/2019)
- Published Version
Download (764kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran sejarah merupakan aktivitas belajar dan mengajar yang mempelajari tentang masa lampau yang erat kaitannya dengan masa kini, memberikan pelatihan mental dan memperkokoh sikap nasionalisme. Sikap nasionaisme merupakan suatu sikap yang sadar sebagai suatu bangsa. Dewasa ini sikap nasionalisme di kalangan remaja menjadi permasalahan. Selain itu pembelajaran sejarah kurang begitu diminati oleh peserta didik. SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar merupakan sekolah yang memiliki visi “Berprestasi tinggi, trampil dan berbudi pekerti Islami”. Hal ini perlu dipertanyakan bagaimana sikap nasionalisme siswa SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar khususnya di kelas XI IPS. Masalah penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran sejarah pada materi pasca kemerdekaan Indonesia, bagaimana sikap nasionalisme siswa, dan adakah pengaruh pembelajaran sejarah pada materi peristiwa pasca kemerdekaan Indonesia terhadap sikap nasionalisme siswa kelas XI IPS di SMA Muhammdiyah 1 Karanganyar. Tujuan dan mannfaat seacra teoritis penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran sejarah pada materi pasca kemerdekaan Indonesia, bagaimana sikap nasionalisme siswa, dan adakah pengaruh pembelajaran sejarah pada materi peristiwa pasca kemerdekaan Indonesia terhadap sikap nasionalisme siswa kelas XI IPS di SMA Muhammdiyah 1 Karanganyar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif regresi,desain ex post facto dilaksanakan di kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar. Pengambilan sampel dengan simple random sampling dengan teknik penghitungan sample menurut Slovin, dengan jumlah sampel sebanya 97 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dan dianalisis secara deskriptif prosentase dan analisis statistik. Hasil penelitian dalam analisis deskriptif presentase menunjukkan tingkat keberhasilan pelaksanaan pembelajaran sejarah rata-rata 71,78 dan masuk dalam kategori baik, sikap nasionalisme siswa termasuk dalam kategori sangat tinggi rata-rata 87,22 dan dalam analisis statistik pada bagian koefisien determinasi besar R Square adalah 0.150 atau 15%. Artinya pembelajaran sejarah berpengaruh terhadap sikap nasionalisme sebesar 15%.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Sejarah, Sikap Nasionalisme |
Subjects: | L Education > Special Education > History Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | indah tri pujiati |
Date Deposited: | 31 Mar 2020 15:44 |
Last Modified: | 31 Mar 2020 15:44 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35433 |
Actions (login required)
View Item |