KESADARAN SEJARAH SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 1 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019 TERHADAP KETELADANAN TOKOH PAHLAWAN NASIONAL K.H AHMAD DAHLAN


Novia Purbanengsih , 3101415028 (2019) KESADARAN SEJARAH SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 1 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019 TERHADAP KETELADANAN TOKOH PAHLAWAN NASIONAL K.H AHMAD DAHLAN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KESADARAN SEJARAH SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 1 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019 TERHADAP KETELADANAN TOKOH PAHLAWAN NASIONAL K.H AHMAD DAHLAN]
Preview
PDF (KESADARAN SEJARAH SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 1 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019 TERHADAP KETELADANAN TOKOH PAHLAWAN NASIONAL K.H AHMAD DAHLAN) - Published Version
Download (605kB) | Preview

Abstract

Nilai-nilai keteldanan pahlawan nasional merupakan suatu yang patut menjadi suri tauladan bagi generasi muda. Meneladani nilai-nilai dari tokoh pahlawan nasional merupakan salah satu wujud kesadaran sejarah. Kesadaran sejarah yang dimaksud pada penelitian ini adalah kesadaran dalam meneladani nilai-nilai keteladanan tokoh pahlawan nasional K.H Ahmad Dahlan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana proses penanaman nilai-nilai keteladanan tokoh pahlawan nasional K.H Ahmad Dahlan di kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Semarang?; 2) Bagaimana kesadaran sejarah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Semarang terhadap keteladanan tokoh pahlawan nasional K.H Ahmad Dahlan?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui bagaimana proses penanaman nilai-nilai keteladanan tokoh pahlawan Nasional K.H Ahmad Dahlan di SMA Muhammadiyah 1 Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019; 2) Mengetahui bagaimana kesadaran sejarah siswa kelas XI tentang keteladanan tokoh pahlawan Nasional K.H Ahmad Dahlan di SMA Muhammadiyah 1 Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian campuran (mix method) dengan desain konkuren trianggulasi. Sampel pada penelitian adalah kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Semarang dengan menggunakan teknik Cluster Sampling dan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, studi dokumentasi, dan wawancara, dan angket. Teknik analisis data kualitatif menggunakan model interaktif, sedangkan teknik analisis data kualitatif menggunakan teknik analisis deskriptif presentase. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil sebagai berikut: 1) Penanaman nilai keteladanan K.H Ahmad Dahlan di kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Semarang dilakukan melalui pembelajaran sejarah dan pembelajaran kemuhammadiyahan. SMA Muhammadiyah 1 Semarang telah melakukan proses penanaman nilai-nilai keteladanan tokoh pahlawan Nasional K.H Ahmad Dahlan pada kelas XI secara efektif 2) Hasil angket diperoleh presentase skor akhir sebesar 80% dan masuk kedalam kategori tinggi kesadaran sejarah siswa terhadap keteladanan tokoh pahlawan Nasional K.H Ahmad Dahlan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesadaran Sejarah, Keteladanan, K.H Ahmad Dahlan.
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 31 Mar 2020 15:39
Last Modified: 31 Mar 2020 15:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35431

Actions (login required)

View Item View Item