Penanganan Taking Order pada Food and Beverage Service di hotel Borobudur Indah Magelang.


Wahyu Widagdo Pragolapati, 2353301504 (2005) Penanganan Taking Order pada Food and Beverage Service di hotel Borobudur Indah Magelang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penanganan Taking Order pada Food and Beverage Service di hotel Borobudur Indah Magelang.]
Preview
PDF (Penanganan Taking Order pada Food and Beverage Service di hotel Borobudur Indah Magelang.) - Published Version
Download (53kB) | Preview

Abstract

Usaha perhotelan tidak hanya menyediakan jasa penginapan/kamar saja, tetapi juga menyediakan jasa-jasa penunjang lainnya termasuk pelayanan makan dan minum, hiburan, serta sarana olahraga. Pelayanan makan dan minum hotel Borobudur Indah Magelang memiliki food and beverage department yang bertanggung jawab terhadap kebutuhan pelayanan makan dan minum tamu, baik tamu yang menginap di hotel maupun tamu yang tidak menginap di hotel. Taking order merupakan salah satu bentuk pelayanan yang dibutuhkan di bagian food and beverage service. Taking order berarti menerima dan mencatat pesanan makanan dan minuman, baik langsung maupun tidak langsung, yang selanjutnya diteruskan ke bagian yang terkait seperti kitchen, bar, dan pastry. Taking order dapat dilakukan di bagian room service, restaurant, bar dan banquet. Permasalahan dalam penelitian ini adalah mengenai “Penanganan Taking Order pada Food and Beverage Service di hotel Borobudur Indah Magelang”. Tujuan penulisan tugas akhir ini adalah untuk mendeskripsikan teknik taking order di room service, di restaurant, di bar, dan di banquet hotel Borobudur Indah Magelang, sehingga peningkatan kualitas pelayanan dan pendapatan hotel dapat tercapai. Dalam penulisan tugas akhir ini, penulis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan beberapa teknik pengumpulan data yaitu observasi / pengamatan, studi pustaka, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi, penulis dapat menyimpulkan bahwa dalam menjalankan tugasnya, seorang taker order di hotel Borobudur Indah Magelang memiliki pengetahuan tentang food and beverage, menguasai teknik menjual produk makanan dan minuman, teknik menulis pesanan tamu, memiliki daya ingat yang kuat dalam hal menulis pesanan makanan dan minuman serta produk-produk food and beverage, menguasai bahasa asing terutama bahasa Inggris. Selain itu, seorang taker order dituntut untuk memiliki kedisiplinan, ketelitian, serta kepatuhan akan perangkat peraturan yang menerapkan pedoman pokok pelayanan tamu di hotel.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: taking order, food and beverage service, hotel Borobudur Indah Magelang.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2011 02:08
Last Modified: 22 Aug 2011 02:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3543

Actions (login required)

View Item View Item