PENANAMAN NILAI-NILAI KEPAHLAWANAN JENDERAL SOEDIRMAN DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA ISLAM SUDIRMAN AMBARAWA


Debora Nova Ria Br Simanjuntak , 3101415024 (2019) PENANAMAN NILAI-NILAI KEPAHLAWANAN JENDERAL SOEDIRMAN DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA ISLAM SUDIRMAN AMBARAWA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENANAMAN NILAI-NILAI KEPAHLAWANAN JENDERAL SOEDIRMAN DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA ISLAM SUDIRMAN AMBARAWA]
Preview
PDF (PENANAMAN NILAI-NILAI KEPAHLAWANAN JENDERAL SOEDIRMAN DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA ISLAM SUDIRMAN AMBARAWA) - Published Version
Download (692kB) | Preview

Abstract

Penanaman nilai-nilai kepahlawanan Jenderal Soedirman dalam pembelajaran sejarah merupakan hal yang sangat penting diterapkan dalam membangun dan membentuk nilai karakter pada peserta didik, karena pada era globalisasi dan perkembangan zaman sekarang ini dapat menjadikan seseorang bersikap negatif. Penanaman nilai-nilai kepahlawanan Jenderal Soedirman dalam pembelajaran sejarah dapat menjadi contoh untuk membentuk kepribadian peserta didik menjadi lebih baik. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana penanaman nilai-nilai kepahlawanan Jenderal Soedirman dalam pembelajaran sejarah (2) Untuk mengetahui apa saja hambatan-hambatan yang dihadapi saat proses pembelajaran sejarah tentang nilai-nilai kepahlawanan Jenderal Soedirman (3) Untuk mengetahui persepsi siswa terhadap nilai-nilai kepahlawanan Jenderal Soedirman dalam pembelajaran sejarah. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan jenis studi kasus. Lokasi penelitian adalah SMA Islam Sudirman Ambarawa. Sumber data yang digunakan adalah informan yaitu guru sejarah dan siswa-siswa SMA Islam Sudirman Ambarawa, observasi dan dokumen yang digunakan adalah RPP, Silabus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran sejarah di SMA Islam Sudirman Ambarawa pada materi yang membahas nilai-nilai kepahlawanan guru cenderung menggunakan model pembelajaran yaitu diskusi dan tanya jawab. Penanaman nilai-nilai kepahlawanan Jenderal Soedirman dalam pembelajaran sejarah sudah cukup baik. Nilai tersebut meliputi nasionalis, cinta tanah air, religius, gotong royong, mandiri dan integritas. Hambatan yang dihadapi guru pada saat proses pembelajaran materi ini adalah kurangnya kesadaran peserta didik akan pentingnya penanaman nilai-nilai kepahlawanan untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, keterbatasan sumber belajar yang digunakan oleh siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah penanaman nilai-nilai kepahlawanan Jenderal Soedirman sudah dilakukan cukup baik, hambatan dalam penanaman nilai terdiri perencanaan, pelaksanaan, penilaian, dan siswa dapat mempersepsikan nilai-nilai kepahlawanan Jenderal Soedirman. Saran yang dapat diberikan adalah hendaknya guru menggunakan model pembelajaran yang lebih bervariasi agar terciptanya proses belajar yang maksimal

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penanaman, Nilai-nilai kepahlawanan Jenderal Soedirman, Pembelajaran Sejarah
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 31 Mar 2020 15:31
Last Modified: 31 Mar 2020 15:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35429

Actions (login required)

View Item View Item