PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SUB MATERI SEJARAH PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPS SMA NEGERI 13 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019


Henida Bela Pangesti , 3101415019 (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SUB MATERI SEJARAH PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPS SMA NEGERI 13 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SUB MATERI SEJARAH PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPS SMA NEGERI 13 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SUB MATERI SEJARAH PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPS SMA NEGERI 13 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019) - Published Version
Download (588kB) | Preview

Abstract

Kurang bervariasinya model pembelajaran sejarah yang digunakan oleh guru akan berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Hasil belajar adalah hasil yang telah dicapai seseorang berupa kemampuan pengetahuan dan pemahaman terhadap materi yang disampaikan oleh guru. Hasil belajar yang akan di ukur dalam penelitian ini adalah hasil belajar pada ranah kognitif yang berkenaan dengan skor atau nilai yang diperoleh peserta didik setelah melakukan tes, untuk mewujudkan pembelajaran sejarah yang berkualitas, maka dapat diterapkan model pembelajaran yang mendukung. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengetahui hasil belajar sejarah peserta didik yang diajar dengan menggunakan metode ceramah; 2) Mengetahui hasil belajar sejarah peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together; 3) Mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar sejarah peserta didik antara yang menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together dengan ceramah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif jenis eksperimen dengan menggunakan Pre test-Post test Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 13 Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik implerandom sampling dan diperoleh kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol dan XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, studi dokumen, dokumentasi, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh rata-rata nilai post-test kelas eksperimen yaitu 80,83 dan rata-rata nilai post-test kelas kontrol yaitu 73,77. Pada penelitian ini diketahui terdapat perbedaan hasil belajar sejarah antara kelas eksperimen dan kontrol. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis (uji-T). Berdasarkan hasil uji hipotesis (uji-T) diperoleh nilai Sig. (2-tailed) = 0,000. Karena 0,000 < 0,05, maka Ha diterima. Jadi, ada perbedaan rata-rata nilai post-test antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Dari perhitungan uji ketuntasan nilai post-test kelas eksperimen yang mencapai 90,32%, sedangkan kelas kontrol hanya mencapai 38,88%. Saran: guru dapat menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran sejarah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Numbered Head Together, Hasil Belajar
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 31 Mar 2020 15:29
Last Modified: 31 Mar 2020 15:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35428

Actions (login required)

View Item View Item