PENGARUH TEMAN SEBAYA DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT INTERAKTIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS MAN 1 TEGAL TAHUN PELAJARAN 2018/2019


Fitri Hidayati , 3101415018 (2019) PENGARUH TEMAN SEBAYA DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT INTERAKTIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS MAN 1 TEGAL TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH TEMAN SEBAYA DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT INTERAKTIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS MAN 1 TEGAL TAHUN PELAJARAN 2018/2019]
Preview
PDF (PENGARUH TEMAN SEBAYA DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT INTERAKTIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS MAN 1 TEGAL TAHUN PELAJARAN 2018/2019) - Published Version
Download (899kB) | Preview

Abstract

Motivasi dalam proses pembelajaran di sekolah memiliki peranan yang sangat penting karena dengan adanya motivasi belajar pada diri siswa maka tujuan pembelajaran akan tercapai dengan maksimal. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan oleh peneliti terdapat motivasi belajar yang masih rendah pada mata pelajaran sejarah dalam hal ini yaitu dipengaruhi oleh faktor teman sebaya dan penggunaan media pembelajaran powerpoint interaktif. Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetaui pengaruh teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS MAN 1 Tegal Tahun Pelajaran 2018/2019 (2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran power point interaktif terhadap motivasi belajar belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS MAN 1 Tegal Tahun Pelajaran 2018/2019 (3) Untuk mengetahui pengaruh teman sebaya dan penggunaan media pembelajaran power point interaktif terhadap motivasi belajar belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS MAN 1 Tegal Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis strategi penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS MAN 1 Tegal tahun pelajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 3, XI IPS 4, dan XI IPS 5 yang diambil dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, instrument angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang positif Teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah sebesar 19,18 %. (2) Pembelajaran sejarah dengan menggunakan media powerpoint interaktif terdapat pengaruh yang positif sebesar 18,49%. (3) Variabel terikat (teman sebaya dan media pembelajaran) secara bersama-sama mempengaruhi variabel bebas (motivasi belajar) pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS MAN 1 Tegal sebesar 53,42%. Saran: 1) Setiap peserta didik hendaknya dapat memilih teman yang dapat memberikan keuntungan bagi diri mereka sendiri (2) setiap peserta didik sebaiknya memfilter perilaku buruk dan selalu berhati-hati dalam bergaul (3) Guru harus dapat menyesuaikan media pembelajaran yang akan digunakan sesuai dengan materi pelajaran yang akan dibahas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Motivasi, Teman Sebaya
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 31 Mar 2020 15:26
Last Modified: 31 Mar 2020 15:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35427

Actions (login required)

View Item View Item