PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG DENGAN APLIKASI HOT POTATOES TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPS SMA MUHAMMADIYAH WONOSOBO


Adhina Eska Riyana , 3101415015 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG DENGAN APLIKASI HOT POTATOES TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPS SMA MUHAMMADIYAH WONOSOBO. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG DENGAN APLIKASI HOT POTATOES TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPS SMA MUHAMMADIYAH WONOSOBO]
Preview
PDF (PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG DENGAN APLIKASI HOT POTATOES TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPS SMA MUHAMMADIYAH WONOSOBO) - Published Version
Download (664kB) | Preview

Abstract

Pencapaian tujuan pendidikan memerlukan peningkatan mutu pendidikan dengan cara memperlancar proses kegiatan belajar yang hasilnya terlihat dari hasil belajar yang diperoleh dan didukung oleh minat siswa dalam mengikuti pembelajaran. Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yang dikemas dalam bentuk permainan di harapkan dapat menambah minat belajar siswa dan memperbaiki hasil belajarnya. Salah satu indicator tercapainya tujuan pembelajaran dapat diketahui dengan melihat tinggi dan rendahnya hasil belajar yang di capai setelah mengikuti proses belajar mengajar. Pembelajaran Sejarah seringkali di anggap sebagai pelajaran yang membosankan dan kurang diminati siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penggunaan media teka-teki silang dengan aplikasi hot potatoes terhadap minat belajas siswa (2) Untuk mengetahui penggunaan media teka-teki silang dengan aplikasi hot potatoes terhadap hasil belajar siswa (3) Untuk mengetahui efektifats media teka-teki silang dengan aplikasi hot potatoes terhadap minat belajas siswa .Teknik pengambilan sample menggunakan teknik simple random sampling .Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data untuk mengalisis pengaruh antara model minat dan hasil belajar menggunakan Uji t dan Uji Korelasi. Hasil penelitian menunjukkan (1)Terdapat pengaruh dari penggunaan media teka-teki silang dengan aplikasi hot potatoes terhadap minat belajar sejarah siswa yaitu teerhitung dari kenaikan nilai post test dan pre test pada kelas ekspeerimen sebesar 56,68% (2)Terdapat pengaruh penggunaan media teka-teki silang dengan aplikasi hot potatoes terhadap hasil belajar siswa yaitu terhitung dari kenaikan nilai post test dan pre test pada kelas eksperimen sebesar 7,2 %. (3) Terjadi peningkatan nilai hasil belajar siswa untuk kelas eksperimen dengan nilai post test sebesar 77,4 dan nilai pre test sebesar 70,2. Dan juga adanya peningkatan minat belajar siswa terhitung dari indeks variabel minat pre test 56,68% dan posttest 75,52%. Sehingga dapat dikatakan media teka-teki silang dengan aplikasi hot potatoes ini efektif digunakan untuk pembelajaran Sejarah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Teka-Teki Silang, Pembelajaran Sejarah, Minat dan Hasil Belajar.
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 31 Mar 2020 15:23
Last Modified: 31 Mar 2020 15:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35426

Actions (login required)

View Item View Item