PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENINGGALAN SEJARAH KELENTENG SAM PO KONG BERBASIS MULTIKULTURAL DI SMA NEGERI 5 SEMARANG
Hana Juhar Susanti , 3101415007 (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENINGGALAN SEJARAH KELENTENG SAM PO KONG BERBASIS MULTIKULTURAL DI SMA NEGERI 5 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENINGGALAN SEJARAH KELENTENG SAM PO KONG BERBASIS MULTIKULTURAL DI SMA NEGERI 5 SEMARANG)
- Published Version
Download (752kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang dalam penelitian ini adalah perlunya dikembangkan bahan ajar Peninggalan Sejarah Kelenteng Sam Po Kong karena ketersediaan bahan ajar sesuai dengan tuntutan pemecahan masalah belajar dan rendahnya tentang arti toleransi. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengembangan materi peninggalan sejarah Kelentng Sam Po Kong Berbasis Multikultural dalam rangka meningkatkan nilai toleransi siswa di SMA Negeri 5 Semarang, (2) Mengetahui penerapan pengembangan materi bahan ajar peninggalan sejarah kelnteng Sam Po Kong berbasis multikultural di SMA Negeri 5 Semarang, (3) Mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar peninggalan sejarah Kelenteng Sam Po Kong berbasis multikultural di SMA Negeri 5 Semarang. Penelitian ini menggunakan RnD (Research and Development) adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk. Untuk dapat menghasilkan produk tertentu digunakan penelitian yang bersifat analisis kebutuhan dan untuk menguji keefektifan produk tersebut supaya dapat berfungsi di masyarakat luas, maka diperlukan penelitian untuk menguji keefektifan produk tersebut. Jadi penelitian dan pengembangan bersifat longitudinal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajar yang diterapkan dalam pembelajaran mampu membuat siswa berperan aktif dalam pembelajaran, berani mengemukakan pendapat kepada teman maupun guru, siswa dapat menghargai pendapat yang dimiliki oleh siswa lain, membangun iklim kerjasama yang positif, dan menumbuhkan interaksi siswa dengan sesama teman maupun guru sehingga menjadikan siswa lebih termotivasi dalam belajar sehingga membuat proses pembelajaran menjadi efektif. Implikasi penelitian adalah pengembangan bahan ajar pelajaran sejarah pada pokok bahasan bahan ajar peninggalan sejarah Kelenteng Sam Po Kong berbasis multikultural yang telah diujikan mampu berperan aktif dalam pempelajaran, siswa berani mengemukakan pendapat kepada teman maupun guru, siswa dapat menghargai pendapat yang dimiliki oleh siswa lain, membangun iklim kerjasama yang positif, dan menumbuhkan interaksi siswa dengan sesama teman maupun guru sehingga menjadikan siswa lebih termotivasi dalam belajar sehingga membuat proses pembelajaran menjadi efektif. Penerapan modul yang dikembangnkan dalam pembelajaran sejarah ternyata membawa pengaruh yang positif terhadap kesadaran sejarah dikalangan siswa, (3) Terdapat pengaruh yang positif dan baik setelah diimplementasikan bahan ajar Peninggalan sejarah Kelnteng Sam Po Kong
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan Ajar Peninggalan Sejarah, Kelenteng Sam Po Kong, Berbasis Multikultural |
Subjects: | L Education > Special Education > History Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | indah tri pujiati |
Date Deposited: | 31 Mar 2020 15:18 |
Last Modified: | 31 Mar 2020 15:18 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35424 |
Actions (login required)
View Item |