PERAN GURU SEJARAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X DI SMA N 2 KENDAL


SUGITO , 3101414057 (2019) PERAN GURU SEJARAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X DI SMA N 2 KENDAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PERAN GURU SEJARAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X DI SMA N 2 KENDAL]
Preview
PDF (PERAN GURU SEJARAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X DI SMA N 2 KENDAL) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah adanya jam pembelajarannya siang hari dalam pembelajaran sejarah. Akibatnya siswa menjadi kelelahan karena di kurikulum 2013 adanya penambahan jam pelajaran hingga sore. Ketidak sukaan siswa terhadap pelajaran sejarah bisa di akibatkan karena pemebelajaran sejarah hanya menggunkan metode ceramah biasa, hafalan, dan cerita. Terlihat masih kurangnya motivasi dan minat belajar siswa terhadap pelajaran sejarah. Karena itu pengajar harus menghadapi tantangan untuk membangkitkan motivasi siswa, membangkitkan minatnya, menarik dan mempertahankan perhatiannya, mengusahakan agar siswa mau mempelajari materi-materi yang diharapkan untuk dipelajarinya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di SMA N 2 Kendal. Informan dalam penelitian ini, di anataranya: guru sejarah dan siswa/peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah: observasi, studi dokumentasi dan wawancara. Uji keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber dan cara. Teknik analisis datanya menggunakan model analisis data interakif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) cara meningkatkan motivasi dan minat belajar sejarah siswa kelas X di SMA N 2 kendal pada saat ini ada tiga yaitu memberikan tambahan nilai agar menambah motivasi belajar, adanya media yang mendukung pada saat menyampaikan pembelajaran, dan suasana belajar asyik dan seru dengan metode ceramah kreatif dan bervariasi agar timbul minat belajar. 2) faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan motivasi dan minat belajar sejarah siswa kelas X SMA N 2 Kendal pada saat ini yaitu faktor pendukung seperti adanya perangkat pembelajaran khusus siswa agar menambah motivasi belajar dan fasilitas sarana kegiatan belajar mengajar yang maksimal agar timbul minat belajar yang maksimal. faktor penghambat yaitu di kelas beberapa teman membuat ribut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Guru, Motivasi dan Belajar
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 31 Mar 2020 15:15
Last Modified: 31 Mar 2020 15:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35423

Actions (login required)

View Item View Item