PEMANFAATAN MUSEUM PATIAYAM SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH DI SMA NEGERI 1 MEJOBO DALAM MATERI POKOK SEJARAH MASA PRAAKSARA


Santiko Utomo , 3101414036 (2019) PEMANFAATAN MUSEUM PATIAYAM SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH DI SMA NEGERI 1 MEJOBO DALAM MATERI POKOK SEJARAH MASA PRAAKSARA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PEMANFAATAN MUSEUM PATIAYAM SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH DI SMA NEGERI 1 MEJOBO DALAM MATERI POKOK SEJARAH MASA PRAAKSARA]
Preview
PDF (PEMANFAATAN MUSEUM PATIAYAM SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH DI SMA NEGERI 1 MEJOBO DALAM MATERI POKOK SEJARAH MASA PRAAKSARA) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Materi ajar kelas X terdapat materi sejarah masa praaksara, dimana materi praaksara membahas tentang sejarah kehidupan zaman dimana manusia belum mengenal tulisan. Keterbatasan sumber belajar sejarah, khususnya untuk materi pokok sejarah masa praaksara menjadi salah satu masalah dalam kajian ini. Pemafaatan museum Patiayam menjadi salah satu solusi atas masalah tersebut. Penelitian ini berusaha memecahkan beberapa masalah tersebut, diantaranya adalah (1) sejauh mana museum Patiayam dimanfaatkan sebagai sumber belajar sejarah, (2) bagaimana kesiapan museum Patiayam dalam upaya memanfaatkan museum sebagai sumber belajar sejarah, dan (3) Kendala-kendala apa saja yang dihadapi oleh SMA 1 Mejobo dan museum Patiayam dalam memanfaatkan museum sebagai sumber belajar sejarah. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif historis. Penelitian ini berfokus pada pemanfaatan museum Patiayam sebagai sumber belajar sejarah di SMA Negeri 1 Mejobo. Keabsahan data diuji dengan teknik triangulasi. Data dianalisis dengan interaktif melalui langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini diantaranya adalah, (1) bagaimana pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Mejobo khususnya pada materi praaksara, (2) bagaimana pemanfaatan museum Patiayam digunakan sebagai sumber belajar sejarah pada materi praaksara di SMA Negeri 1 Mejobo, (3) Kendala yang dihadapi oleh SMA Negeri 1 Mejobo dalam upaya pemanfaatan museum Patiayam sebagai sumber belajar sejarah, (4) Kendala dihadapi oleh museum Patiayam dalam upaya pemanfaatan museum Patiayam sebagai sumber belajar sejarah. Berdasarkan dari sejumlah rangkaian penelitian yang telah dilakukan, peneliti menemukan hal baru yang belum diduga sebelumnya. Hal tersebut yaitu kegiatan mengunjungi museum Patiayam sebagai metode pembelajaran sejarah ternyata rutin dilakukan minimal satu tahun sekali oleh SMA Negeri 1 Mejobo, yang berarti kegiatan tersebut merupakan program tahunan sekolah. Saran yang dapat peneliti berikan yaitu, (1) guru mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Mejobo hendaknya merencanakan kegiatan pemanfaatan museum pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, mengingat kegiatan tersebut tidak dilakukan hanya satu atau dua kali namun sudah menjadi kegiatan rutin, (2) hendaknya guru tidak hanya mengajak siswa ke museum, akan tetapi juga memberikan tugas kepada siswa yang berkaitan dengan kunjungan ke museum tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pemanfaatan, museum Patiayam, materi pokok, sejarah masa praaksara
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 31 Mar 2020 15:10
Last Modified: 31 Mar 2020 15:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35421

Actions (login required)

View Item View Item