PERSEPSI SISWA ETNIS TIONGHOA TERHADAP PEMBELAJARAN SEJARAH POKOK BAHASAN PERGERAKAN NASIONAL DI SMA KRISTEN WONOSOBO TAHUN AJARAN 2017/2018


Ilyasin , 3101414028 (2019) PERSEPSI SISWA ETNIS TIONGHOA TERHADAP PEMBELAJARAN SEJARAH POKOK BAHASAN PERGERAKAN NASIONAL DI SMA KRISTEN WONOSOBO TAHUN AJARAN 2017/2018. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PERSEPSI SISWA ETNIS TIONGHOA TERHADAP PEMBELAJARAN SEJARAH POKOK BAHASAN PERGERAKAN NASIONAL DI SMA KRISTEN WONOSOBO TAHUN AJARAN 2017/2018]
Preview
PDF (PERSEPSI SISWA ETNIS TIONGHOA TERHADAP PEMBELAJARAN SEJARAH POKOK BAHASAN PERGERAKAN NASIONAL DI SMA KRISTEN WONOSOBO TAHUN AJARAN 2017/2018) - Published Version
Download (754kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian adalah (1) mengetahui implementasi pembelajaran sejarah pada pokok bahasan pergerakan nasional di SMA Kristen Wonosobo, (2) mengetahui persepsi siswa etnis Tionghoa terhadap pembelajaran sejarah pada pokok bahasan pergerakan nasional di SMA Kristen Wonosobo (3) mengetahui hambatan yang di alami dalam pembelajaran sejarah pada pokok bahasan pergerakan nasional di SMA Kristen Wonosobo. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah informan, peristiwa dan dokumen. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan trianggulasi data yang meliputi reduksi data, penyajian data, penyimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi pembelajaran sejarah pokok bahasan pergerakan nasional di SMA Kristen Wonosobo dilakukan lewat tahap perencanaan dan pelaksanaan. Dalam perencanaan guru mempersiapkan RPP, media berupa power point, metode berupa diskusi kelompok serta materi yang kemudian diterapkan pada tahap pelaksanaan dimana kegiatan pembelajaran berlangsung. Persepsi siswa keturunan Tionghoa terhadap pembelajaran sejarah pokok bahasan pergerakan nasional berbeda antara satu sama lain seperti Niko Hermawan dan Vincent Leonel yang merasa tertarik maupun Ajidan yang merasa biasa saja. Hal ini disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi persepsi mereka tentang pembelajaran sejarah pokok bahasan pergerakan nasional. Dalam pembelajaran sejarah pokok bahasan pergerakan nasional, guru dan siswa keturunan tionghoa ternyata memiliki hambatan tersendiri. Berkaitan dengan status siswa etnis Tionghoa sebagai minoritas tidak menjadi penghambat dalam pembelajaran karena sekolah yang menerapkan toleransi yang tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Siswa Etnis Tionghoa, Pembelajaran Sejarah, Pergerakan Nasional.
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 31 Mar 2020 15:07
Last Modified: 31 Mar 2020 15:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35420

Actions (login required)

View Item View Item