IMPLEMENTASI NILAI NILAI KEARIFAN LOKAL PADA SISWA KELAS XI DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH MATERI SEJARAH KERAJAAN MARITIM ISLAM DI SMA NEGERI 3 DEMAK


Ebit Efendi , 3101414024 (2019) IMPLEMENTASI NILAI NILAI KEARIFAN LOKAL PADA SISWA KELAS XI DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH MATERI SEJARAH KERAJAAN MARITIM ISLAM DI SMA NEGERI 3 DEMAK. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of IMPLEMENTASI NILAI NILAI KEARIFAN LOKAL PADA SISWA KELAS XI DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH MATERI SEJARAH KERAJAAN MARITIM ISLAM DI SMA NEGERI 3 DEMAK]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI NILAI NILAI KEARIFAN LOKAL PADA SISWA KELAS XI DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH MATERI SEJARAH KERAJAAN MARITIM ISLAM DI SMA NEGERI 3 DEMAK) - Published Version
Download (678kB) | Preview

Abstract

Nilai-nilai budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia merupakan suatu kebanggaan sekaligus tatangan untuk mempertahankan serta mewariskannya kepada generasi selanjutnya dengan cara tertulis maupun secara lisan. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana peran guru dalam menanamkan nilai-nilai kearifan lokal melalui materi Kerajaan Maritim Islam. (2) Bagaimana Implementasi nilai-nilai kearifan lokal materi Kerajaan Maritim Islam di SMA Negeri 3 Demak. (3) Bagaimana kendala dan upaya dalam pelaksanaan pembelajaran yang bermuatan materi Kerajaan Maritim Islam di SMA Negeri 3 Demak. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu informan, peristiwa pembelajaran, dan dokumen pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini dua guru sejarah kelas XI dan juga empat siswa dari kelas XI di SMA Negeri 3 Demak. Dalam menentukan keabsahan data, penelitian ini adalah menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah intraktif model yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian: (1) Peran guru sebagai pendidik yang dilakukan kepada siswa kaitannya nilai-nilai kearifan lokal berdasarkan temuan dilapangan pada saat pelaksanaan pembelajaran untuk menyampaikan nilai-nilai kearifan lokal pada siswa kurang tersampaikan karena guru lebih mementingkan mengejar materi dari pada penyampaian nilai-nilai kearifan lokal. (2) Implementasi nilai-nilai kearifan lokal kaitannya dengan pembelajaran sejarah materi Kerajaan Maritim Islam di SMA Negeri 3 Demak guru sejarah tidak secara khusus memasukkannya kedalam rencana pelaksanaan pembelajaran tetapi guru mencontohkan melalui kehidupan disekolah maupun dimasyarakat. (3) Kendala dan upaya dalam pelaksanaan pembelajaran di SMA Negeri 3 Demak disebabkan oleh faktor intern dan faktor ekstern. Kendalakendala dalam pembelajaran guru sudah melakukan upaya dalam menghadapi kendala intern dan ekstern yaitu melakukan pendekatan personal kepada siswa kaitannya dengan masalah intern sedangkan masalah ekstern dengan cara menggunakan fasilitas semaksimal mungkin. Saran dalam penelitian adalah nilai-nilai kearifan lokal lebih bisa diintegrasikan kedalam rencana pelaksanaan pembelajaran sehingga guru lebih dimudahkan dalam menginternalisasikan nilai-nilai kearifan lokal kedalam pembelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran guru, Nilai-Nilai Kearifan Lokal, Pembelajaran Sejarah.
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 31 Mar 2020 15:05
Last Modified: 31 Mar 2020 15:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35419

Actions (login required)

View Item View Item