PEMANFAATAN MUSEUM RANGGAWARSITA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH BAGI SISWA SMA NEGERI DI KOTA SEMARANG TAHUN 2017/2018


Anggita Dwi Astuti , 3101414007 (2019) PEMANFAATAN MUSEUM RANGGAWARSITA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH BAGI SISWA SMA NEGERI DI KOTA SEMARANG TAHUN 2017/2018. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PEMANFAATAN MUSEUM RANGGAWARSITA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH BAGI SISWA SMA NEGERI DI KOTA SEMARANG TAHUN 2017/2018]
Preview
PDF (PEMANFAATAN MUSEUM RANGGAWARSITA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH BAGI SISWA SMA NEGERI DI KOTA SEMARANG TAHUN 2017/2018) - Published Version
Download (765kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran sejarah dengan menggunakan pemanfaatan museum sebagai sumber dan media pembelajaran akan membuat siswa antusias mengikuti pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pemanfaatan Museum Ranggawarsita sebagai sumber dan media belajar sejarah untuk siswa SMA di Kota Semarang, 2) Untuk mengetahui sejauh mana Museum Ranggawarsita dimanfaatkan sebagai sumber belajar sejarah bagi siswa SMA Negeri di Kota Semarang, 3) Untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru maupun siswa dan cara guru menghadapi kendala-kendala yang ada dalam kegiatan pembelajaran sejarah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara mendalam, dan studi dokumen. Teknik triangulasi sumber dan metode peneliti gunakan untuk menguji keabsahan data. Hasil dari penelitian ini: 1) Siswa SMA khususnya SMA Negeri 11 Semarang dan SMA Negeri 12 Semarang telah memanfaatkan Museum Rangagwarsita sebagai sumber belajar sejarah, 2) Museum Rangagwarsita telah banyak dimanfaatkan oleh dari berbagai pengunjung khususnya siswa SMA Negeri di Kota Semarang, 3) Banyak kendala-kendala yang dihadapi guru sejarah dan siswa dalam kaitannya memanfaatkan Museum Ranggwarsita sebagai sumber belajar sejarah. Upaya guru mengatasi kendala yang dialami pada saat pelaksanaan pembelajaran yaitu dengan cara memberikan bekal panduan pemahaman pada siswa sebelum mengunjungi Museum Ranggawarsita dan mengoreksi kembali dari kendala-kendala kegiatan sebelumnya agar lebih baik lagi kedepannya. Simpulan penelitian ini yaitu: pemanfaatan Museum Ranggawarsita sebagai sumber dan media belajar sejarah untuk siswa SMA Negeri di Kota Semarang sudah berjalan dengan baik. Dengan metode belajar di luar kelas yang dilakukan oleh guru sejarah ini dapat membantu siswa dalam pembelajaran sejarah serta siswa sangat berantusias saat berkunjung ke museum. Saran yang diajukan yaitu: guru memanfaatkan Museum Ranggawarsita sebagai sumber dan media belajar sejarah untuk SMA di lakukan secara rutin dan memperbaiki masalah-masalah yang muncul seperti kendala waktu dan anggaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan, Museum Ranggawarsita, Sumber Belajar Sejarah
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 31 Mar 2020 14:46
Last Modified: 31 Mar 2020 14:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35417

Actions (login required)

View Item View Item