PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG SITUS SEJARAH LOKAL MAKAM KI AGENG SELO DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMAN 1 KARANGRAYUNG KABUPATEN GROBOGAN TAHUN AJARAN 2017/2018


Dwi Sri Wahyuni , 3101412031 (2019) PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG SITUS SEJARAH LOKAL MAKAM KI AGENG SELO DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMAN 1 KARANGRAYUNG KABUPATEN GROBOGAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG SITUS SEJARAH LOKAL MAKAM KI AGENG SELO DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMAN 1 KARANGRAYUNG KABUPATEN GROBOGAN TAHUN AJARAN 2017/2018]
Preview
PDF (PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG SITUS SEJARAH LOKAL MAKAM KI AGENG SELO DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMAN 1 KARANGRAYUNG KABUPATEN GROBOGAN TAHUN AJARAN 2017/2018) - Published Version
Download (704kB) | Preview

Abstract

Kurang termanfaatkan dan kurang terpedulikannya situs sejarah lokal oleh dunia pendidikan dan generasi muda saat ini, membuat peneliti tertarik untuk mengkaji persepsi peserta didik terhadap situs lokal Makam Ki Ageng Selo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) menganalisis implementasi pembelajaran sejarah pada pokok pembelajaran sejarah akulturasi dan perkembangan budaya islam (2) mendeskripsikan guru dalam memanfaatkan situs makam Ki Ageng Selo dalam pembelajaran sejarah akulturasi dan perkembangan budaya islam (3) mendeskripsikan persepsi peserta didik terhadap situs makam Ki Ageng Selo Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif untuk mendiskripsikan persepsi peserta didik terhadap situs makam Ki Ageng Selo. Penelitian dilaksanakan di Kabupaten Grobogan yakni di SMA N 1 Karangrayung. Subjek penelitian yaitu kelas X IPA 4. Sumber data penelitian adalah informan dan dokumen. Informan yaitu guru dan peserta didik serta juru kunci makam Ki Ageng Selo. Teknik pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan Trianggulasi Sumber, triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif. dalam penelitian ini dilakukan secara terus menerus yang terdiri dari empat prosedur yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasilnya menunjukkan bahwa (1) Implementasi pembelajaran sejarah akulturasi dan perkembangan budaya islam di SMA N 1 Karangrayung sudah menggunakan media yang cukup bervariasi seperti buku paket LKS, buku sejarah Grobogan, power point, video hingga musik. (2) Guru telah memanfaatkan dan mengajarkan situs makam Ki Ageng Selo ke dalam materi pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah bervariasi, tanya-jawab dan diskusi. (3) Persepsi peserta didik SMA N 1 Karangrayung terhadap situs makam Ki Ageng Selo dapat dilihat dari cara peserta didik dalam menilai, menghargai dan memaknai situs makam Ki Ageng Selo dalam kehidupan bermasyarakat. Meskipun persepsi peserta didik beraneka ragam, namun sudah terdapat kesamaan yakni mampu memahami pentingnya situs sebagai sumber belajar dan aset warisan sejarah yang bernilai. Saran dari peneliti bahwa supaya guru lebih memaksimalkan pemanfaatan dan pengenalan situs sejarah lokal dalam proses pembelajaran sejarah dan memaksimalkan penggunaan media elektronik LCD, power point, gambar agar siswa lebih tertarik mengikuti pembelajaran sejarah yang sering dianggap monoton dan membosankan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pembelajaran Sejarah, Persepsi, Situs Makam Ki Ageng Selo.
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 31 Mar 2020 13:11
Last Modified: 31 Mar 2020 13:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35413

Actions (login required)

View Item View Item