IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL LAMPUNG SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DALA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI MAN 1 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017


Ithfa Harum Eka Pratiwi , 3101412030 (2018) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL LAMPUNG SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DALA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI MAN 1 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL LAMPUNG SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI MAN 1 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL LAMPUNG SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI MAN 1 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017) - Published Version
Download (734kB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter dapat diintegerasikan dalam pembelajaran tiap mata pelajaran. Implementasi nilai-nilai kearifan local Lampung sebagai upaya pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah menjadi hal yang menarik untuk dikaji. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai kearifan local Lampung apa yang diimplementasikan dan mengetahui implementasinya sebagai upaya pendidikan karakter, serta mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam pengimplementasiannya dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Bandar Lampung dengan informan para guru Sejarah yang mengajar di kelas XI dan para siswa kelas XI. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dengan pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Nilai-nilai kearifan lokal Lampung yang diimplementasikan dalam pembelajaran sejarah sebagai pendidikan karakter diantaranya piil pesinggiri, nemui nyimah, nengah nyapur, sakai sambayan, dan bejuluk adek. Implementasi nilai-nilai kearifan lokal Lampung dalam pembelajaran sejarah pelaksanaannya Guru mata pelajaran sejarah memahami dengan baik nilai-nilai kearifan lokal Lampung. Pada saat pembelajaran, peserta didik menunjukkan sikap antusias dan seksama dalam mengikuti proses pembelajaran. Kendala-kendala dalam mengimplementasikan nilai-nilai kearifan lokal Lampung dalam pembelajaran sejarah ada beberapa hal terkait pemahaman peserta didik khususnya yang bukan berasal dari suku Lampung yang kurang. Heterogenitas dalam latar belakang asal keluarga peserta didik cukup membuat guru harus memahamkan kepada peserta didik secara berulang. Kendala lainnya terkait sikap dan perilaku peserta didik belum sesuai sebagaimana yang diharapkan. Guru dalam menyikapi kendala tersebut secara terus menerus mengarahkan peserta didik agar dapat tertanam karakter positif. Saran yang diajukan penulis, hendaknya guru dapat membentuk karakter positif peserta didik dengan menanamkan nilai-nilai kearifan local Lokal, hendaknya sekolah dapat mendukung upaya pendidkan karakter warga sekolah dengan penanaman nilai-nilai kearifan local Lampung, dan hendaknya peserta didik memahami nilai-nilai yang terkandung dalam kearifan lokal Lampung.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kearifan lokal, Pembelajaran Sejarah, Pendidikan Karakter
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 31 Mar 2020 00:50
Last Modified: 31 Mar 2020 00:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35411

Actions (login required)

View Item View Item