KENDALA-KENDALA DALAM PELAKSANAAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KURIKULUM 2013 DI SMK MUHAMMADIYAH 2 BOJA TAHUN AJARAN 2018/2019


Muhamad Kholid , 3101412026 (2018) KENDALA-KENDALA DALAM PELAKSANAAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KURIKULUM 2013 DI SMK MUHAMMADIYAH 2 BOJA TAHUN AJARAN 2018/2019. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KENDALA-KENDALA DALAM PELAKSANAAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KURIKULUM 2013 DI SMK MUHAMMADIYAH 2 BOJA TAHUN AJARAN 2018/2019]
Preview
PDF (KENDALA-KENDALA DALAM PELAKSANAAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KURIKULUM 2013 DI SMK MUHAMMADIYAH 2 BOJA TAHUN AJARAN 2018/2019) - Published Version
Download (584kB) | Preview

Abstract

Rendahnya minat baca siswa dewasa ini menjadi kendala utama dalam pembelajaran khususnya dalam pembelajaran sejarah. Gerakan Literasi Sekolah (GLS) menjadi salah satu langkah jitu untuk mengatasinya. Kegiatan literasi menjadi suatu program yang harus dilaksanakan oleh sekolah yang telah mengimplementasikan kurikulum 2013. Namun dalam praktiknya muncul kendala-kendala yang bisa menghambat pelaksanaan GLS di sekolah, solusi perbaikan dibutuhkan untuk bisa mengatasi kendala-kendala tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan GLS di SMK Muhammadiyah 2 Boja dan untuk mengetahui kendala-kendala yang muncul dalam pelaksanaan GLS pada pembelajaran sejarah di SMK Muhammadiyah 2 Boja. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teknik keabsahan data triangulasi sumber yang berarti membandingkan dan mengecek balik derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh melalui waktu dan alat yang berbeda. Data diambil dari beberapa sumber, seperti guru, tim pengembang GLS, peserta didik, dan perangkat perencanaan pembelajaran. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif yang terdiri dari reduksi data yaitu peneliti merangkum data, memfokuskan pada data-data penting, dan memilih hal-hal pokok dari informasi atau sumber yang sudah terkumpul melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penyajian data secara deskripsi dengan penarikan kesimpulan dan verifikasi yaitu menyimpulkan hasil akhir penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan GLS khususnya pada pembelajaran sejarah di SMK Muhammadiyah 2 Boja sudah dilakukan sejak tahun 2016 dan sudah mencakup 3 tahap yaitu pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran. Kendala-kendala yang muncul pada pembelajaran sejarah di SMK Muhammadiyah 2 Boja adalah rendahnya minat baca siswa, minimnya pengetahuan dan pemahaman guru terkait pelaksanaan GLS karena kurang meratanya sosialisasi dan pelatihan dari sekolah, terbatasnya jumlah dan jenis sarana prasarana serta beberapa media yang mendukung seperti pojok baca, referansi buku sumber selain buku paket yang diwajibkan, dan peta, serta alokasi waktu yang terbatas dan mengganggu waktu jam pelajaran pertama yakni memotong 15 menit awal mata pelajaran pertama pada pagi hari. Hal ini menunjukkan bahwa pelaksanaan GLS di SMK Muhammadiyah 2 Boja selama ini masih menemui kendala-kendala.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kendala-kendala, Gerakan Literasi Sekolah, Pembelajaran Sejarah. Kurikulum 2013.
Subjects: L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 31 Mar 2020 00:34
Last Modified: 31 Mar 2020 00:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35410

Actions (login required)

View Item View Item