ASPEK SOSIAL DALAM NASKAH DRAMA LELAKON KARYA ANDY SRI WAHYUDI


Kasih Widowati , 2611415016 (2019) ASPEK SOSIAL DALAM NASKAH DRAMA LELAKON KARYA ANDY SRI WAHYUDI. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of ASPEK SOSIAL DALAM NASKAH DRAMA LELAKON KARYA ANDY SRI WAHYUDI]
Preview
PDF (ASPEK SOSIAL DALAM NASKAH DRAMA LELAKON KARYA ANDY SRI WAHYUDI) - Published Version
Download (565kB) | Preview

Abstract

Naskah drama Lelakon terdapat dalam buku Mak, Ana Asu Mlebu Ngomah karya Andy Sri Wahyudi. Naskah drama Lelakon menarik diteliti karena membahas tentang aspek sosial yang menyangkut dengan kehidupan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek sosial yang terdapat dalam naskah drama Lelakon karya Andy Sri Wahyudi. Rumusan masalah yang dijabarkan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana strukur pembangun yang terdapat dalam naskah drama Lelakon karya Andy Sri Wahyudi. (2) bagaimana aspek sosial yang terdapat dalam naskah drama Lelakon karya Andy Sri Wahyudi (3) bagaimana kehidupan masyarakat yang tercermin dalam naskah drama Lelakon karya Andy Sri Wahyudi. Penelitian ini menggunakan pendekatan stuktural untuk mengetahui struktur pembangun dan pendekatan sosiologi sastra untuk mengetahui aspek sosial serta kehidupan masyarakat yang tercermin dalam naskah drama Lelakon karya Andy Sri Wahyudi. Sumber data dalam penelitian ini adalah naskah drama Lelakon karya Andy Sri Wahyudi yang diterbitkan pada tahun 2014 oleh Garudhawaca. Data dalam penelitian ini adalah kata, frasa, kalimat, wacana dalam naskah drama Lelakon yang berkaitan dengan masalah yang akan diteliti. Teknik pemerolehan data dilakukan dengan menggunakan teknik heuristik dan teknik analisis data menggunakan metode struktural-semiotik yaitu pembacaan heuristik dilanjutkan dengan pembacaan hermeneutik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa stuktur yang terdapat dalam naskah drama Lelakon yang diteliti adalah struktur tokoh dan penokohan, latar, alur dan dialog. Naskah drama Lelakon merupakan karya sastra yang termasuk dalam drama realisme dengan penguatan pada latar melalui aspek sosial yang terdiri dari aspek ekonomi dan aspek moral. Aspek ekonomi terdiri dari masalah kemiskinan dan pengangguran. Aspek moral yang ditunjukan dalam naskah drama ini yaitu moral buruk. Aspek sosial yang terdapat dalam naskah drama Lelakon karya Andy Sri Wahyudi sesungguhnya terjadi juga di masyarakat. Hal tersebut terbukti bahwa aspek sosial yang terdapat naskah drama Lelakon seperti kemiskinan, pengangguran, pelecehan, pencurian, dan lainnya banyak terjadi dalam masyarakat jaman sekarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: naskah drama Lelakon, aspek sosial, sosiologi sastra
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Jawa (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 31 Mar 2020 00:26
Last Modified: 31 Mar 2020 00:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35408

Actions (login required)

View Item View Item