RESEPSI GENERASI MUDA TERHADAP LIRIK LAGU DALAM KESENIAN TAYUB DI KABUPATEN GROBOGAN


HERLINTANG YUNI KARTIKA , 2611415003 (2019) RESEPSI GENERASI MUDA TERHADAP LIRIK LAGU DALAM KESENIAN TAYUB DI KABUPATEN GROBOGAN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of RESEPSI GENERASI MUDA TERHADAP LIRIK LAGU DALAM KESENIAN TAYUB DI KABUPATEN GROBOGAN]
Preview
PDF (RESEPSI GENERASI MUDA TERHADAP LIRIK LAGU DALAM KESENIAN TAYUB DI KABUPATEN GROBOGAN) - Published Version
Download (823kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengenai resepsi masyarakat terhadap lirik lagu. Resepsi masyarakat tentang respon pembaca terhadap karya sastra. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan mengingat data seluruhnya diperoleh dari sumbersumber lapangan yang berkaitan dengan objek yang diteliti. Sasaran penelitian dibatasi oleh 10 responden Kecamatan Wirosari dan 6 responden pendukung luar Kecamatan Wirosari. Hal yang menarik dari sebuah lirik lagu seringkali mengangkat masalah-masalah yang sedang viral di masyarakat. Lirik lagu disepadankan dengan bentuk-bentuk puisi rakyat. Oleh karena itu, puisi atau nyanyian rakyat ini menarik untuk diteliti. Dalam penelitian ini penulis menjadikan lirik lagu kesenian Tayub di Kabupaten Grobogan sebagai objek material. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini meliputi analisis dan pembahasan resepsi masyarakat terhadap bagaimana tanggapan masyarakat terhadap lirik lagu dalam kesenian Tayub di Kabupaten Grobogan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tanggapan masyarakat tentang lirik lagu berbahasa Jawa dalam kesenian Tayub. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan metode estetika resepsi yaitu penelitian yang memfokuskan perhatian kepada pembaca. Hasil penelitian dari analisis resepsi terhadap tanggapan masyarakat dalam penggunaan Bahasa Jawa dalam lirik lagu kesenian Tayub, bila dihitung dari 16 responden ada 8 orang yang memberikan kesan positif berdasarkan pengetahuan dan pengalaman yang mereka dapat, dan ada 8 orang yang memberikan kesan negatif dengan berpendapat bahwa penggunaan bahasa Jawa dalam lirik lagu Tayub tersebut tidak menarik dan sudah ketinggalan jaman.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Resepsi Sastra dan Lirik Lagu
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 31 Mar 2020 00:21
Last Modified: 31 Mar 2020 00:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35406

Actions (login required)

View Item View Item