KAJIAN FILOLOGIS DALAM SERAT PRATELAN WÊŞI AJI MIWAH SERAT PRIMBON JATI 1837


Ach. Bahrul Huda , 2611413019 (2019) KAJIAN FILOLOGIS DALAM SERAT PRATELAN WÊŞI AJI MIWAH SERAT PRIMBON JATI 1837. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KAJIAN FILOLOGIS DALAM SERAT PRATELAN WÊŞI AJI MIWAH SERAT PRIMBON JATI 1837]
Preview
PDF (KAJIAN FILOLOGIS DALAM SERAT PRATELAN WÊŞI AJI MIWAH SERAT PRIMBON JATI 1837) - Published Version
Download (617kB) | Preview

Abstract

Naskah merupakan salah satu peninggalan nenek moyang yang menyimpan informasi mengenai kebudayaan dan peradaban Jawa pada masa lalu. Salah satu bentuk naskah itu adalah naskah Serat Pratelan Wêşi Aji miwah Serat Primbon Jati (SPWAMSPJ). Teks naskah ini merupakan kompilasi dari tiga naskah antara lain Serat Wesiaji, Serat Primbon Jati, dan Serat Prajangjian yang kemudian digabungkan menjadi satu naskah. Naskah ini menarik untuk diteliti karena teksnya yang memuat pengertian mengenai keris dan segala unsurnya yang melekat, termasuk besi sebagai campuran dari pembuatan keris. Mengingat bahwa pada era saat ini, kebanyakan orang hanya mengenal wujud dari keris itu sendiri tanpa mengetahui sejarah dan apa saja unsur-unsur yang meliputi pada bilah keris tersebut. Oleh sebab itu tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memperkenalkan kembali khazanah peninggalan leluhur berupa pusaka keris. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana menyajikan naskah SPWAMSPJ secara sahih sesuai kaidah kajian filologi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode edisi standar. Adapun terjemahan yang digunakan dalam menerjemahakan teks SPWAMSPJ adalah terjemahan agak bebas. Hal ini dilakukan untuk memudahkan para pembaca untuk memaknai isi yang terkandung dalam teks SPWAMSPJ. Hasil penelitian ini adalah sebuah suntingan yang sesuai dengan kaidah kajian filologi disertai aparat kritik, dan terjemahan dalam bentuk bahasa Indonesia. Hasil penelitian ini juga membuka penelitian-penelitian dalam bidang yang lain. Isi naskah SPWAMSPJ membahas beberapa hal mengenai keris, diantaranya menyebutkan macam-macam jenis besi yang digunakan untuk membuat keris atau senjata tajam lainnya. Kemudian jenis keris, pamor, dan juga cara untuk mengukur bilah keris. Selain membahas tentang padhuwungan naskah SPWAMSPJ juga membahas primbon Jawa yang dipercaya di masa lalu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Filologi, Naskah Jawa, Pratelan Wêşi Aji, Brimbon Jati
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 31 Mar 2020 00:04
Last Modified: 31 Mar 2020 00:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35400

Actions (login required)

View Item View Item