PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS BUDAYA LOKAL DALAM MENULIS SINOPSIS PADA SISWA KELAS XI SMK N 1 ADIWERNA KABUPATEN TEGAL


Imam Bukhori , 2601415052 (2019) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS BUDAYA LOKAL DALAM MENULIS SINOPSIS PADA SISWA KELAS XI SMK N 1 ADIWERNA KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS BUDAYA LOKAL DALAM MENULIS SINOPSIS PADA SISWA KELAS XI SMK N 1 ADIWERNA KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS BUDAYA LOKAL DALAM MENULIS SINOPSIS PADA SISWA KELAS XI SMK N 1 ADIWERNA KABUPATEN TEGAL) - Published Version
Download (549kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran menulis sinopsis teks cerita rakyat berjalan kurang maksimal, karena siswa masih kesulitan dalam menulis sinopsis berbahasa Jawa, kurangnya ketertaikan siswa dengan pembelajaran menulis sinopsis, dan materi tidak sesuai dengan lingkungan siswa. Maka dari itu, perlu adanya pengembangan multimedia interaktif berbasis budaya lokal untuk memotivasi siswa dalam pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah kebutuhan pengembangan multimedia interaktif berbasis budaya lokal dalam menulis sinopsis menurut guru dan siswa, bagaimanakah desain multimedia interaktif dan bagaimanakah hasil uji validasi multimedia interaktif menurut ahli. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan kebutuhan pengembangan multimedia interaktif berbasis budaya lokal dalam menulis sinopsis menurut guru dan siswa, mendeskripsikan desain multimedia interaktif dan mendeskripsikan hasil uji validasi multimedia interaktif menurut ahli Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development. Langkah-langkah penelitian antara lain potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain. Data dan submber data yaitu siswa guru dan ahli. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan siswa membuthkan multimedia interaktif agar mereka lebih tertarik dengan pembelajaran. Isi multimedia interaktif terdiri dari enam menu, yakni kompetensi, sinau, gladhen, bantuan, profil dan pustaka. Uji ahli materi memperoleh skor sebesar 25 dari skor maksimal 32. Hasil uji validasi ahli media memperoleh skor sejumlah 24 dari skor maksilam 32. Hasil uji validasi ahli menunjukkan bahwa media layak untuk digunakan. Perbaikan multimedia disarakan pada aspek tampilan dan aspek isi materi. Perbaikan aspek tampilan yaitu perbaikan pada halaman utama yang ditambah tampilan profil dan pustaka,tampilan tata letak ilustrasi pada contoh. Perbaikan pada aspek isi materi yaitu perbaikan kalimat pada materi dan perbaikan bentuk soal latihan. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyarankan, 1) bagi guru, multimedia interaktif berbasis budaya lokal bisa menjadi alternatif media pembelajaran menulis sinopsis teks cerita rakyat, 2) bagi siswa, multimedia interaktif berbasis budaya lokal menjadi salah satu media pembelajaran yang menarik dan mempermudah siswa dalam pembelajaran manulis sinopsis teks cerita rakyat, sehingga memotivasi belajar siswa, dan 3) bagi peneliti, dapat melakukan penelitian lanjutan terhadap multimedia interaktif berbasis budaya lokal ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Budaya lokal, Menulis sinopsis, Multimedia interaktif
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 30 Mar 2020 23:28
Last Modified: 30 Mar 2020 23:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35392

Actions (login required)

View Item View Item