MANAJEMEN PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI KESESUAIAN DENGAN STANDAR PAUD (Studi kasus di TPA Karakter Pelangi Nusantara Kota Semarang)


Wilma Rahmah Hidayati , 1601415077 (2019) MANAJEMEN PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI KESESUAIAN DENGAN STANDAR PAUD (Studi kasus di TPA Karakter Pelangi Nusantara Kota Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MANAJEMEN PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI KESESUAIAN DENGAN STANDAR PAUD (Studi kasus di TPA Karakter Pelangi Nusantara Kota Semarang)]
Preview
PDF (MANAJEMEN PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI KESESUAIAN DENGAN STANDAR PAUD (Studi kasus di TPA Karakter Pelangi Nusantara Kota Semarang)) - Published Version
Download (966kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pembelajaran anak usia dini kesesuaian dengan standar PAUD dan untuk mengetahui faktor pendukung serta faktor penghambat manajemen pembelajaran di TPA Karakter Pelangi Nusantara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian deskripsi kualitatif desain studi kasus dengan menggunakan teknik analisis data berdasarkan teori Miles dan Huberman. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi, dan teknik pengumpulan data (dokumen). Hasil analisis data tentang manajemen pembelajaran anak usia dini di TPA Karakter Pelangi Nusantara Kota Semarang, dilihat dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, pengawasan pembelajaran, evaluasi pembelajaran, dan pelaporan hasil pembelajaran mengacu kepada bagian-bagian yang terdapat dalam standar PAUD yaitu STPPA, standar isi, standar proses, dan standar penilaian. Manajemen pembelajaran ini juga dipengaruhi oleh faktor pendukung berupa modul yang berasal dari IHF dan STPPA yang menjadi acuan guru dalam menyusun kegiatan pembelajaran, kelas inspirasi, fasilitas sarana dan prasarana, dan kerjasama guru dalam menyusun program pembelajaran. Sedangkan faktor penghambatnya berupa fasilitas yang masih belum lengkap, dan jam kedatangan anak yang dibebaskan untuk datang ke sekolah. Secara garis besar, simpulan penelitian ini yaitu manajemen pembelajaran di TPA Karakter Pelangi Nusanatara ini sesuai dengan standar yang berlaku yaitu standar nasional PAUD. Namun beberapa hal yang ditemukan terkait jam kedatangan anak yang dibebaskan serta fasilitas sarana dan prasarana kelas (seperti pembatas ruangan) menjadi faktor yang mempengaruhi kegiatan pembelajaran serta jam kedatangan anak yang dibebaskan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran, Anak Usia Dini, Standar Nasional PAUD.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 29 Mar 2020 21:11
Last Modified: 29 Mar 2020 21:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35391

Actions (login required)

View Item View Item