PENGELOLAAN PEMBELAJARAN BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (STUDI KASUS DI PAUD EFATA KOTA SEMARANG)


Roby Naufal Arzaqi , 1601415070 (2019) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (STUDI KASUS DI PAUD EFATA KOTA SEMARANG). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGELOLAAN PEMBELAJARAN BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (STUDI KASUS DI PAUD EFATA KOTA SEMARANG)]
Preview
PDF (PENGELOLAAN PEMBELAJARAN BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (STUDI KASUS DI PAUD EFATA KOTA SEMARANG)) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pengelolaan pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus studi di PAUD EFATA Kota Semarang. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran di PAUD EFATA Kota Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif dengan desain studi kasus berdasarkan teori Ley Kekeh Marthan. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara, observasi, dan teknik pengumpulan data (dokumen). Observasi dilakukan untuk mengetahui fenomena terkait dengan pengelolaan pembelajaran di dalam kelas mulai dari kegiatan pendahuluan sampai dengan kegiatan akhir. Hasil observasi ditindaklanjuti dengan mewawancarai tenaga pendidik di PAUD EFATA. Dokumen-dokumen yang dikumpulkan berfungsi sebagai data pendukung. Kemudian keabsahan data dilihat menggunakan triangulasi. Hasil analisis data bahwa pengelolaan pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus di PAUD EFATA Kota Semarang ini terkait dengan perencanaan pembelajaran, pengorganisasian, pengelolaan, dan evaluasi pembelajaran yang mengacu kepada teori Ley Kekeh Martan dalam buku Manajemen Pendidikan Inklusif dan standar PAUD dalam Permendikbud No. 137 tahun 2014. Perencanaan pembelajaran meliputi penerapan kurikulum PAUD 2013, penyusunan rencana pembelajaran, model pembelajaran area, metode pembelajaran berbasis praktek, media pembelajaran visual, dan setting kelas didasari aspek keamanan dan kenyamanan bermain. Pengorganisasian meliputi pelaksanaan tugas dan tanggung jawab tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. Pengelolaan berupa pelaksanaan supervisi dan pengelolaan hubungan sekolah dan masyarakat. Evaluasi meliputi hasil proses dan hasil pembelajaran, tindak lanjut yang terstruktur dalam program tahunan. Pengelolaan pembelajaran ini juga dipengaruhi oleh faktor pendukung berupa bimbingan, dan pemberian informasi dari HIMPAUDI Kota Semarang, adanya komitmen guru dan orang tua mendukung tercapainya tujuan lembaga. Faktor penghambat berupa belum tersedianya sarana yang memadai meliputi tempat pelaksanaan kegiatan, belum dimilikinya lahan pribadi dan izin lembaga.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Pembelajaran, Anak Berkebutuhan Khusus, PAUD EFATA.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 29 Mar 2020 19:06
Last Modified: 29 Mar 2020 19:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35390

Actions (login required)

View Item View Item