Peranan Tourism Information Centre (TIC) bagi Perkembangan Pemasaran Pariwisata di Jawa Tengah.


Moh. Zainal ABidin, 2351301504 (2004) Peranan Tourism Information Centre (TIC) bagi Perkembangan Pemasaran Pariwisata di Jawa Tengah. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peranan Tourism Information Centre (TIC) bagi Perkembangan Pemasaran Pariwisata di Jawa Tengah.]
Preview
PDF (Peranan Tourism Information Centre (TIC) bagi Perkembangan Pemasaran Pariwisata di Jawa Tengah.) - Published Version
Download (69kB) | Preview

Abstract

Salah satu sektor industri jasa di Indonesia yang menjadi andalan adalah bidang pariwisata. Namun perkembangan pariwisata Indonesia pada tahun-tahun terakhir semakin terimbas oleh kondisi stabilitas negara yang makin tidak menentu, antara lain keadaan sosial politik, perekonomian dan keamanan negara pasca tragedi bom yang melanda Indonesia secara beruntun. Tujuan penulisan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui peranan TIC terhadap pemasaran Daerah Tujuan Wisata (DTW) di Jawa Tengah. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, yaitu penulis hanya menjelaskan tentang peranan dan strategi TIC bagi perkembangan pemasaran pariwisata di Jawa Tengah. Dalam mengumpulkan data digunakan metode interview dan observasi untuk mengetahui tata cara penanganan tamu dan mengamati minat masyarakat untuk melakukan perjalanan wisata. Studi pustaka digunakan untuk memaparkan teori-teori yang mendukung penulisan tugas akhir ini. Dalam memasarkan pariwisata di Jawa Tengah, selain menggunakan media konvensional, TIC juga menggunakan media komputer dan teknologi komunikasi. Adanya sistem informasi pariwisata terpadu dengan mengembangkan teknologi informasi secara integral diharapkan akan mampu meningkatkan daya saing bidang kepariwisataan terutama pada promosi dan pemasaran pariwisata yang nantinya dapat meningkatkan peran serta masyarakat. Dengan demikian TIC dapat berperan aktif sebagai sarana informasi, sebagai sarana promosi pariwisata, sebagai sarana penyebaran wisatawan, sebagai mitra usaha jasa pariwisata.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tourism Information Centre (TIC), Pemasaran Pariwisata
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2011 01:52
Last Modified: 22 Aug 2011 01:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3539

Actions (login required)

View Item View Item