PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK ANAK BERDASARKAN PENERAPAN KEGIATAN GERAK DAN LAGU DI RA ISTIQOMAH UNGARAN


Dece Egita Ayu , 1601415069 (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK ANAK BERDASARKAN PENERAPAN KEGIATAN GERAK DAN LAGU DI RA ISTIQOMAH UNGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK ANAK BERDASARKAN PENERAPAN KEGIATAN GERAK DAN LAGU DI RA ISTIQOMAH UNGARAN]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK ANAK BERDASARKAN PENERAPAN KEGIATAN GERAK DAN LAGU DI RA ISTIQOMAH UNGARAN) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan keterampilan menyimak anak setelah dilakukannya penerapan kegiatan gerak dan lagu di RA Istiqomah Ungaran. Sebagaimana kegiatan gerak dan lagu adalah kegiatan yang sederhana namun banyak memiliki manfaat bagi perkembangan anak dan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desing penelitian onegrup pretest-posttest. Dengan langkah-langkah yang akan dilakukan dalam penelitian adalah, melakukan pretest, pemberian perlakuan gerak dan lagu, barulah kemudian dilakukan posttest. Adapun pada hasil pretest, keterampilan menyimak anak masih perlu ditingkatkan lagi. Karena masih terdapat 23 anak dengan nilai <80 dari total responden 40 anak. Setelah dilakukan prestest, maka langkah selanjutnya adalah perlakuan gerak dan lagu. Perlakuan ini dilakukan sebanyak 15 kali perlakuan dengan durasi waktu 10-15 menit. Perlakuan gerak dan lagu dilakukan setelah anak-anak melakukan doa pagi. Selesai perlakuan gerak dan lagu, langkah selanjutnya adalah melakukan posttest terhadap keterampilan menyimak anak. Berdasar hasil posttest, keterampilan menyimak anak mengalami peningkatan. Jumlah anak yang nilainya kurang dari 80 semakin berkurang. Dimana hasil pretest menunjukan 23 anak nilainya <80, setelah dilakukan posttest jumlah anak yang nilainya <80 hanya 16 anak. Sedangkan 24 anak lainnya mendapat nilai >80. Adapun keterampilan menyimak anak yang mengalami peningkatan adalah tahap mendengar, dimana terdapat peningkatan 2,12% setelah dilakukannya kegiatan gerak dan lagu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Gerak dan Lagu, Keterampilan Menyimak, RA Istiqomah Ungaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 29 Mar 2020 17:58
Last Modified: 29 Mar 2020 17:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35389

Actions (login required)

View Item View Item