PENDIDIKAN SIAGA BENCANA MELALUI PERMAINAN SEGITIGA SIAGA UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK DI TK TUNAS BANGSA SAAT MENGHADAPI BENCANA DI DAERAH PESISIR KECAMATAN BONANG KABUPATEN DEMAK


Desy Dwi Yanti , 1601415067 (2019) PENDIDIKAN SIAGA BENCANA MELALUI PERMAINAN SEGITIGA SIAGA UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK DI TK TUNAS BANGSA SAAT MENGHADAPI BENCANA DI DAERAH PESISIR KECAMATAN BONANG KABUPATEN DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENDIDIKAN SIAGA BENCANA MELALUI PERMAINAN SEGITIGA SIAGA UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK DI TK TUNAS BANGSA SAAT MENGHADAPI BENCANA DI DAERAH PESISIR KECAMATAN BONANG KABUPATEN DEMAK]
Preview
PDF (PENDIDIKAN SIAGA BENCANA MELALUI PERMAINAN SEGITIGA SIAGA UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK DI TK TUNAS BANGSA SAAT MENGHADAPI BENCANA DI DAERAH PESISIR KECAMATAN BONANG KABUPATEN DEMAK) - Published Version
Download (823kB) | Preview

Abstract

Bencana tidak dapat dihindari namun dapat diredam apabila masyarakat mempunyai informasi yang cukup mengenai pencegahan bencana. Kurangnya informasi yang didapat masyarakat mengenai apa yang seharusnya dilakukan pada saat terjadi bencana khususnya bagi anak-anak, sehingga pendidikan mengenai siaga bencana sangatlah perlu bagi anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh padapenerapan pendidikansiagabencana melalui permainan segitiga siaga terhadap kemandirian anak saat menghadapi bencana di daerah pesisir Kecamatan Bonang Kabupaten Demak. Melalui permainan segitiga siaga dapat diketahui ada tidaknya perbedaan tingkat kemandirian anak saat menghadapi bencana. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Penelitian menggunakan metode one group pretest posttest design yaitu eksperimen yang dilaksanakan pada satu kelompok saja tanpa kelompok pembanding. Instrumen penelitian dengan parameter kemandirian menggunakan skala Likert dengan jawaban “Sangat Setuju”, “Setuju”, “Kurang Setuju”,dan “Tidak Setuju”. Populasi dalam penelitian ini adalah anak – anak di TK Tunas Bangsa Desa Morodemak Kecamatan Bonang Kabupaten Demak. Sampel dalam penelitian ini adalah anak TK B di TK Tunas Bangsa yang berjumlah 33 anak. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, uji normalitas dan uji hipotesis dengan Paired Sample t-Test. Uji hipotesis menyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil perhitungan uji t antara pretest dan posttest kelompok eksperimen yaitu thitung =-12,419 dengan nila sig (2-tailed) < 0,05. Nilai rata-rata pada tahap pretest 68,00 dan pada tahap posttest 93,55, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara kemandirian anak dalam menghadapi bencana sebelum dan sesudah diberikan pendidikan siaga bencana

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pendidikan siaga bencana, daerah pesisir, kemandirian anak.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 29 Mar 2020 17:54
Last Modified: 29 Mar 2020 17:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/35388

Actions (login required)

View Item View Item